Tim Pengawas Internal Melakukan Sidak Kepada Para Pegawai di Lingkungan Kanwil Banten

2
241
Nawacita - Tim Pengawas Internal Melakukan Sidak Kepada Para Pegawai di Lingkungan Kanwil Banten

Serang, NAWACITA – Komitmen dan disiplin pegawai merupakan salah satu unsur suksesnya instansi atau organisasi. Landasan awal yang kuat pada aspek komitmen dan disiplin pegawai akan memudahkan penanaman visi dan misi serta dapat menempatkan komitmen maupun disiplin pegawai menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter pegawai.

Seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten kembali melaksanakan apel pagi yang menjadi rutinitas kebiasaan baik yang harus dipenuhi seorang Aparatur Sipil Negara sebagai bentuk komitmen disiplinnya. Bertindak sebagai Pembina Apel Kepala Bagian Umum, Sunaryo dan Komandan Apel Kasubbid Pembinaan Teknologi Informasi dan Kerjasama, Chaerul Umri. Kegiatan apel pagi ini diikuti oleh para pejabat tinggi pratama, pejabat struktural, dan seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Banten.

Melalui apel pagi juga bisa menjadi sarana untuk melakukan pembinaan dan evaluasi. Pagi ini tim pengawas internal Kanwil Banten kembali melakukan sidak pemeriksaan. Tidak hanya kelengkapan pakaian dinas pegawai, tim wasnal juga memeriksa ke seluruh ruangan kerja sampai ke kantin untuk memastikan seluruh pegawai mengikuti apel pagi. Pemeriksaan menyeluruh ini digalakkan karena apel pagi merupakan wujud komitmen pegawai dalam melatih kedisiplinan mengenai waktu serta tanggung jawab.

Kabagum selaku Pembina apel menuturkan bahwa sidak ini agar diartikan sebagai sarana untuk sama-sama mengingatkan sehingga menjadi disiplin dan mau memperbaiki diri. “Mari bapak ibu kita mulai dari diri kita sendiri untuk tertib dalam menggunakan pakaian dinas, tertib absensi datang dan pulang kerja, pengisian jurnal dan tertib untuk mengikuti apel pagi dan apel sore,” Ujarnya.

Dalam usaha pendisiplinan pegawai, melalui apel pagi ini juga dipanggil 2 (dua) orang pegawai yang dijadikan sebagai role model, contoh bagi pegawai yang lain dalam berpakaian rapi, tertib dan sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2018 Tentang Pakaian Dinas dan Atribut Bagi Pegawai di Lingkungan Kemenkumham yakni penggunaan atribut lengkap seperti bivakmut, pin pengayoman, pin PASTI, tanda pengenal, papan nama, penggunaan rok, dan sepatu pantofel serta kaos kaki hitam bagi pegawai wanita berhijab.

Comments are closed.