Rutan Jantho Koordinasikan Polsus Dengan Sat. Binmas Polda Aceh

1
251
Nawacita - Rutan Jantho Koordinasikan Polsus Dengan Sat. Binmas Polda Aceh

Jantho, NAWACITA – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Jantho menerima kunjungan Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat. Binmas) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Kamis (29/8) lalu. Kedatangan mereka untuk memberikan pembinaan dan koordinasi anggota Kepolisian Khusus (Polsus) Rutan Jantho.

Kegiatan yang yang berlangsung di ruang rapat Rutan Jantho ini diikuti sekitar 25 petugas. Mereka dipilih oleh Kepala Rutan Jantho, Yusnaidi, mengingat ada pembagian tugas dinas dan lepas piket sehingga nantinya informasi ayang didapat bisa disampaikan kepada petugas lainnya.

“Saya harap semua petugas yang hadir dalam kesempatan ini untuk dengan saksama mendengar apa yang akan disampaikan sehingga dapat kita terapkan dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sat. Binmas Polda Aceh yang diwakili oleh AKP Rizal Faluvi menerangkan polsus rutan merupakan mitra kerja kepolisian sehingga tanpa adanya kerja sama yang baik, maka kepolisian tidak akan ada artinya. “Adanya Rutan Jantho adalah suatu kebanggaan karena dapat memberikan pembinaan bagi para pelaku kejahatan untuk menjadikan diri lebih baik sehingga tidak akan mengulangi tindak kejahatan untuk kedua kalinya,” puji Rizal.

Dalam penyuluhan tersebut, pihak kepolisian juga menerangkan tugas pokok fungsi Sat. Binmas kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Rizal berharap WBP selalu mematuhi segala aturan yang berlaku di lingkungan Rutan Jantho.

“Bila kalian nantinya sudah kembali ke masyarakat, jangan memiliki sifat minder. Bergaullah dengan masyarakat serta kembangkan keterampilan yang sudah didapatkan selama masa tahanan kepada lingkungan,” pesan Rizal.

Rizal juga meminta petugas Rutan Jantho untuk bekerja yang prima dan sopan dalam bertugas. “Bekerjalah yang baik dan sopan. Kalau ada tamu WBP yang akan berkunjung, sapalah dengan baik dan minta izin sebelum melakukan penggeledahan barang maupun badan,” pesannya.

“Bila adanya indikasi para narapidana yang mau berbuat keributan, segera lakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terdekat atau langsung ke Polda Aceh Besar,” tambah Rizal.

Sementara itu, Ferri Irawan selaku Kepala Sub Seksi Pengamaan Rutan Jantho, mengapresiasi kegiatan tersebut. “Mudah-mudahan setelah ini kami bisa bekerja dengan lebih baik lagi. Selama ini kami sudah melakukan tugas dengan sebaik mungkin dan kami akan menjadikan kegiatan ini sebagai motivasi untuk terus bekerja dengan maksimal,” janjinya.

Comments are closed.