Rutan Purworejo Peringati 1 Muharram Dengan Doa & Dzikir

0
171
Nawacita - Rutan Purworejo Peringati 1 Muharram Dengan Doa & Dzikir

Purworejo, NAWACITA – Tahun baru Islam 1441 Hijriah yang jatuh pada Sabtu (31/8) diperingati dengan doa dan dzikir bersama oleh petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Purworejo. Dalam acara yang digelar di Aula Baharudin Loppa Rutan Purworejo ini turut dihadiri Aliansi Pemuda Pancasila Purworejo serta penceramah Kyai H. Memet atau yang akrab dengan sapaan Kyi Merah dari Cangkrep Kedungsari Purworejo yang memimpin doa dan dzikir bersama malam itu.

Kepala Rutan Purworejo, Lukman Agung Widodo, menyampaikan acara ini sebagai momentum dalam memperbaharui iman dan Islam serta renungan untuk menyesali segala perbuatan dan kesalahan. Untuk itu, Lukman mengajak seluruh hadirin menjadikan momentum pergantian tahun baru Islam ini untuk bertaubat memohon ampun pada Allah SWT.

“Dengan niat yang tulus dan baik, semoga di tahun baru hijriah ini kita diberikan kemudahan, kesehatan, keberkahan, kesuksesan, serta dimudahkan segala urusan di dunia dan akhirat oleh Allah SWT. Selain itu, mari kita doakan keselamatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar kerusuhan di Papua serta wilayah Indonesia lainnya cepat reda demi mewujudkan bangsa yang aman tenteram dan damai,” ajak Lukman.

Saat menyampaikan ceramah, Kyai Merah memberikan motivasi kepada WBP untuk dapat berkarya serta berinovasi di dalam rutan sebagai bekal sehingga ketika bebas dapat berbaur ke masyarakat dengan penuh kreativitas sesuai dengan ilmu yang diperoleh di rutan, baik ilmu agama atau keterampilan yang bersifat positif.

“Jangan meninggalkan salat lima waktu. Beribadahlah sebagai bekal dan pengendalian diri agar selalu ingat kepada Allah SWT serta tidak mengulangi perbuatan dan kesalahan yang pernah dilakukanya,” pesan Kyai Merah.

Dalam doa dan dzikir ini, tidak lupa ia mendoakan keselamatan dan keutuhan NKRI serta agar kerusuhan di Papua serta wilayah negari tercinta ini segera cepat terselesaikan demi mewujudkan Bangsa Indonesia yang damai, tenteram, dan sejahtera. Acara yang diawali Salat Isya berjamaah ini juga dimeriahkan dengan penampilan “MAIZINQ”, grup hadroh yang anggotanya WBP Rutan Purworejo.