Pelantikan JFT Perancang Peraturan Perundang-undangan Jenjang Muda di Lingkungan Kanwil Kumham Kepri

0
70

Tanungpinang, NAWACITA – Jabatan Fungsional Tertentu Perancang Peraturan Perundang-undangan adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan menyusun rancangan peraturan perundang-undangan dan atau instrument hukum lainnya pada instansi pemerintah.

Sebagaimana telah diatur melalui Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 1994 tentang Jabatan Fungsional Pengawai Negeri Sipil yang menduduki jabatan fungsional yang mana didalamnya antara lain memuat ketentuan tentang wewenang penetapan rumpun jabatan fungsional dan angka kredit serta instansi pembina jabatan fungsional dan Undang-undang No. 43 Tahun 1999 yang menyatakan bahwa dalam rangka pengembangan karir, profesinalisme, dan kompetensi, di atur tentang Pegawai Negeri Sipil untuk menduduki jabatan fungsional, demikian dikatakan oleh Kakanwil Kemenkumham Kepri Zaeroji mengawali sambutannya pada Acara Pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu Perancang Peraturan Perundang-undangan Jenjang Muda yang dilaksanakan diaula Ismail Saleh, Rabu, (28/8).

Dalam sambutannya tersebut beliau mengatakan bahwa keberhasilan dan kegagalan pembinaan hukum dan perundang-undangan disuatu daerah berada diatas pundak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Menurutnya hal ini sejalan dengan pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kantor wilayah sebagai pembentuk hukum daerah yang mana tugas tersebut diwakilkan oleh Perancang Perundang-undangan, sehingga sebagai pucuk pimpinan tertinggi di Kantor Wilayah perlu untuk mempersiapkan jajarannya yang berkompeten serta berkualitas dalam bidang hukum, ujarnya.

Disisi lain Kakanwil mengungkapkan, “Penempatan Perancang Peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan tugas dan fungsinya haruslah didukung oleh koordinasi dan komunikasi yang berkelanjutan antara Kanwil Kum HAM didaerah dengan Pemda setempat, saling bersinergi dan bekerjasama dalam proses legilasi di daerah dalam hal pembentukan Peraturan Daerah”, tambahnya.

Menutup sambutannya Kakanwil mengucapkan selamat kepada saudari Wenni Erfianti, S.H.,M.H dan Nomika sinaga, S.H yang baru dilantik dalam kenaikan jenjang Jabatan Fungsional tertentu sebagai Perancang Peraturan Perundang-undangan Muda, “Saya berharap saudari mampu menjalankan amanah dan tanggung jawab atas jabatan baru yang telah dipercayakan, laksanakanlah amanah yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggungjawab, baik kepada diri sendiri,pribadi, keluarga,kepada organisasi masyarakat bangsa dan Negara”, pesannya.