Kanwil Kumham jabar Ambil Sumpah Setia Satu Warga Negara Korea

0
136

Bandung, NAWACITA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Liberti Sitinjak, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Heriyanto mengambil sumpah janji setia Kewarganegaraan seorang warga negara asing (WNA) berkebangsaan Korea Selatan, Lee , Namho menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Turut hadir dalam pengambilan sumpah/janji setia kewarganegaraan ini Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Ahmad Kapi Sutisna, beserta Kepala Sub Bidang Pelayanan AHU, Anton Tri Oktabiono.

Acara mengucap sumpah dan janji Jadi WNI di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Rabu (28/08/2019).

Status kewarganegaraan menimbulkan hubungan timbal balik antara warga negara dan negaranya. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban terhadap negaranya. Sebaliknya negara mempunyai kewajiban memberikan perlindungan terhadap warga negaranya,” ucap Liberti Sitinjak dalam sambutannya.

Saya harap kedepannya nanti saudara Lee untuk dapat melaksanakan kewajibannya sebagai WNI yakni mentaati segala peraturan hukum yang ada di Indonesia, menghormati adat istiadat masyarakat setempat. Selain kewajiban, saudara juga memiliki hak sebagai warga negara Indonesia diantaranya berhak memberikan suara dalam pemilihan umum, pemilihan presiden dan hak-hak lainnya,” tegas Liberti.

Saya ingin acara ini bukan hanya sebagai simbolis saja, saudara harus memahami dan bisa menyesuaikan diri, saudara sekarang seorang WNI saya ingin bahasa Indonesia saudara diperlancar kembali karena bahasa yang paling utama untuk berkomunikasi,karena hal ini sangat penting untuk saudara lakukan dalam berhubungan bermasyarakat nantinya.” Tutup Liberti.