Sambangi Rutan Manado, Tim Kemenkopolhukam Pantau SPPT-TI

0
135
Nawacita - Sambangi Rutan Manado, Tim Kemenkopolhukam Pantau SPPT-TI

Manado, NAWACITA – Sambangi Rutan Manado, Tim Kemenkopolhukam Pantau SPPT-TI. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Manado menerima kunjungan kerja, monitoring, dan evaluasi tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Senin (19/8) lalu. Kedatangan mereka terkait Sistem Penanganan Perkara Tindak Pidana Berbasis Teknologi Informasi atau SPPT – TI.

Kepala Rutan Manado, R. Budiman P. Kusumah, menyambut baik kunjungan tersebut. “Kami berharap kedepannya semoga dengan penguatan optimalisasi Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) bisa mewujudkan Zone Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,” harap Budiman.

Baca Juga: Komitmen kuat Sekretaris Jenderal dalam mewujudkan Zona Integritas

“Apalagi, mereka menyampaikan sudah tidak perlu lagi untuk membangun aplikasi teknologi informasi baru, tetapi lebih mengoptimalkan aplikasi yang ada, yakni lebih mengoptimalkan SDP dalam pengimputan data tahanan, narapidana, serta dalam memproses narapidana yang akan bebas,” tambahnya.

Baca Juga: Sukseskan Rekor MURI, Napi Lapas Gunung Sugih ikuti tari kolosal Indonesia Bekerja

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Aparatur Hukum Kemenkopolhukam, M. Syafrial, memuji pencapaian di Rutan Manado. “Alhamdulillah, sudah tidak ada masalah karena semua proses pertukaran data dan Sistem Peradilan Hukum Pidana sudah dilaksanakan dengan baik. Tingkatkan terus proses input data,” pesannya.

Baca Juga: Sukseskan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Bulan September, Kanwil Kalteng Gelar Rapat Persiapan

Pada kesempatan itu, tim Kemenpolhukam juga menyampaikan surat dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rangka Integritas Criminal Justice Sistem agar satuan kerjadi wilayah tidak perlu membuat aplikasi baru, yakni cukup menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan oleh tingkat pusat. Dalam hal ini, Pemasyarakatan mengunakan SDP.