Lapas Super Maksimum Security Kelas II A Nusakambangan, Karanganyar akan diresmikan oleh Menkumham RI Prof. Yasonna Laoly

2
188

Nusakambangan, NAWACITA – Lapas Super Maksimum Security Kelas II A Nusakambangan, Karanganyar akan diresmikan oleh Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly. Peresmian lapas kelas II, Nusakambangan, Karanganyar, Jawa Tengah akan dilaksanakan hari ini, Kamis (22/8). Petugas dan tim pengamanan tampak sudah siap di dermaga wijayapura sejak pukul 06.00 WIB.

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM RI sejak tahun 2016 telah dimulai pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan tingkat pengamanan super maksimum (maximum security) untuk mengatasi masalah penempatan narapidana yang dianggap berisiko tinggi atau narapidana “kelas kakap” yaitu narapidana teroris yang masuk kualifikasi idiolog, bandar narkoba dan narapidana lain yang masuk dalam kategori high risk.

Baca Juga: Hadapi Desk Evaluasi, Tim Kerja WBK Kanwil Jateng Peroleh Pembekalan Staf Ahli Menteri

Lapas Khusus Karang Anyar Nusakambangan menjadi Lapas baru yang akan difungsikan menjadi lapas Super Maksimum Security dengan tipe One Man One Cell, bagi narapidana kategor High Risk, yang menjadi bagian optimalisasi Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan.

Baca Juga: Balitbang Hukum dan HAM Gandeng Kanwil Jateng Bangun Konsep Corporate University

Adapun rangkaian kegiatan pada hari ini dikaksanakan dalam dua sesi yakni, Peresmian Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar, Bapas Kelas II Nusakambangan, dan Rusun Rusus; Panen Raya Pertanian dan Penebaran Bibit Ikan di Lapas Terbuka Nusakambangan.

Baca Juga: Sukses Lewati Desk Evaluasi, Kanwil Jateng Bersiap Hadapi Tahap Selanjutnya

Dalam peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Bapak Menteri Hukum dan Ham RI, Menteri PUPR RI, Kepala Kepolisian RI, Kepala BNN RI, Kepala BNPT RI, dan Gubernur Jawa Tengah serta Bupati Cilacap.

Comments are closed.