Pengunjung Situs JDIH Pemkot Sukabumi Terus Bertambah

Sukabumi, NAWACITA – Kepala bagian Hukum Setda Kota Sukabumi Een Rukmini mengklaim, jika pengunjung website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kota Sukabumi setiap harinya terus bertambah. Hal itu terlihat dalam statistik pengunjung di Website tersebut. “Kalau dilihat dari statistik pengunjung, sebelumnya berjumlah 178 pengunjung dan kemarin sudah mencapai sekitar 300 pengunjung,” ujar Een, kemarin.

Adanya penambahan pengunjung tersebut kata Een, seringnya dilakukan perbaikan, baik itu dari segi tampilan atupun dari hal lainya. Hal itu juga untuk menarik minat pengunjung generasi muda.” Tiap hari kami lakukan pengembangan tampilan, agar tidak monoton,” katanya.

Baca Juga: Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kep. Bangka Belitung Hadiri Peresmian UPT BKN Pangkalpinang

Namun saat ini pihaknya belum mampu mendeteksi konten mana saja yang dilihat dan didownload oleh pengunjung. Oleh karena itu, lanjut Een, perbaikan terus dilakukan agar dapat melihat aktifitas pengunjung website secara spesifik.“Untuk saat ini hanya baru terpantau secara global. Secepatnya akan kita tambah program agar bisa diketahui apa saya yang diminati pengunjung,” ucapnya.

Dengan semakin meningkatnya pengunjung Website JDIH, menunjukan bahwa keingintahuan masyarakat Kota Sukabumi terhadap produk hukum juga meningkat. Baik produk hukum pusat terutama produk hukum dareah.“Kita terus lakukan sosialisasi JDIH dan penyuluhan hukum, agar masyarakat semakin sadar dan tau akan keberadaan hukum,” terangnya.

Baca Juga: Yosef Nae Soi Kunjungi Stand Pameran Kanwil Kemenkumham NTT

Disisi lain pihaknya juga terus mensosialisasaikan program yang belum lama ini dikeluarkan. Yaitu, Wargi Hukum (Warung Bagian Hukum). Layanan tersebut tentunya untuk memebrikan kemudahan kepada masyarakat ketika ingin mengetahui tentang produk-produk hukum yang ada. Selain itu juga tambah Een, masyarakat juga bisa mendapatkan bantuan layanan hukum dari Pemda.

Baca juga :  Terbukti Bunuh Teman Kencan, Seven Anto Jimen Silitonga Dihukum 12 Tahun Penjara

“Misalkan ada warga yang tersandung masalah hukum dan tidak bisa membayar pengacaranya, kita bisa memfasilitasinya dan menghadirkan pengacaranya untuk membantu proses permasalahan hukum yang sedang dialami oleh masyarakat tersebut. Dan itu gratis,” kata Een.

Baca Juga: Libatkan Masyarakat, Kanwil Kemenkumham Banten Gelar Sosialisasi Layanan Publik

Untuk mendapatkan layanan hukum tersebut tambah Een, masyarakat bisa datang langsung ke wargi hukum yang biasanya selalu dibuka di beberapa titik keramaian di Kota Sukabumi. Atau dengan datang langsung ke kantor Bagian Hukum Sekda Kota Sukabumi.”Biasanya kita buka stand di tempat keramaian, atau datang langsung ke kantor. Kita akan dengan senang hati membantu masyarakat yang memiliki kesulitan dan menyelesaikan permasalahan hukumnya,” pungkasnya.