Kemeriahan Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta

0
220
Kemeriahan Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta

Jakarta, NAWACITA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) DKI Jakarta menyelenggarakan Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Lapangan Kantor Wilayah, Sabtu (17/08/2019). Acara diikuti seluruh Pegawai Kantor Wilayah dan Balai Harta Peninggalan Jakarta dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Wilayah.  Kepala Kantor Wilayah memberikan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM yang menyampaikan tema Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Wilayah menyampaikan bahwa tema ini sangat tepat jika dikaitkan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini yang sedang mencurahkan potensi dan sumber daya menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Faktor Sumber Daya Manusia, menjadi kunci utama berhasilnya sebuah tujuan organisasi, demikian juga dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM, oleh karena itu maka pengelolaan ASN Aparatur dan peningkatan kapasitas SDM telah menjadi perhatian yang lebih prioritas beberapa tahun belakangan ini mempedomani Undang-Undang Aparatur Sipil Negara.

Sumber Daya Manusia yang unggul dapat melaksanakan peran strategis Kementerian Hukum dan HAM dalam mengisi pembangunan di Republik Indonesia. Walaupun tidak ringan, tetapi jika kita melaksanakan dengan bergotong-royong, bersinergi dan penuh tanggung jawab, maka akan mampu membawa Kementerian Hukum dan HAM menjadi organisasi yang berkelas dunia. Semoga dengan semangat untuk terus mempertahankan Kemerdekaan Negara Indonesia ini, langkah perjuangan kita tetap terus ada dan terjaga pada saat ini dan saat yang akan datang.

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidmat. Upacara tidak hanya diikuti oleh pegawai Kantor Wilayah dan BHP Jakarta, tetapi juga perwakilan pegawai dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dengan menggunakan pakaian adat daerah di Indonesia telah menandakan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda suku bangsa tetap satu jua, Bangsa Indonesia. Pada Upacara tersebut juga dibacakan penghargaan serta Pemberian Piagam Satya Lencana X, XX, XXX, Pemberian Remisi dan Pemberian Penghargaan kepada Pegawai Berprestasi. Setelah upacara dilaksanakan, diselenggarakan kegiatan Fashion Show Pakaian Adat yang diikuti oleh pegawai serta pemberian hadiah bagi para pemenang lomba dan Pekan Olahraga Kantor Wilayah.

Dari data yang telah dihimpun oleh Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, total remisi umum yang diberikan kepada WBP berdasarkan besaran perolehan yaitu berjumlah 5.583 (lima ribu lima ratus delapan puluh tiga) orang, terbanyak didapatkan dari satuan kerja Lapas Kelas I Cipinang dan Lapas Kelas IIA Salemba. Sedangkan berdasarkan tindak pidana terkait Pasal 34 Ayat (1) PP No 28 Tahun 2006 serta Pasal 34A Ayat (1) PP No 99 Tahun 2012, remisi khusus lebih banyak didapat oleh WBP dengan tindak pidana narkotika, yang jika dijumlahkan terdapat 2.077 (dua ribu tujuh puluh tujuh) orang. DIharapkan dengan pemberian remisi ini seluruh WBP selalu patuh dan taat pada hukum/norma yang ada sebaga bentuk tanggung jawab baik kepada Tuhan maupun sesama manusia.