Tim BPHN RI Memberikan Apresiasi atas Pengelolaan JDIH Kabupaten Pemalang

1
22
Tim BPHN RI Memberikan Apresiasi atas Pengelolaan JDIH Kabupaten Pemalang

Jakarta, NAWACITA – Tim BPHN RI Memberikan Apresiasi atas Pengelolaan JDIH Kabupaten Pemalang. Kabag Hukum Setda Kabupaten Pemalang, Puji Sugiharto, SH, selaku Ketua Pusat JDIH Kabupaten Pemalang menerima kunjungan Tim BPHN RI. Rombongan Tim BPHN terdiri dari Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional BPHN RI (Drs. Yasmon, M.L.S), Kabag Humas, Kerjasama, dan Tata Usaha BPHN RI (Dwi Rahayu ES, SH, MH), dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum & HAM Kanwilkumham Provinsi Jawa Tengah (Sri Widyaningsih, SH, MH).

Dalam laporannya kepada Tim BPHN, Puji menjelaskan bahwa pengelolaan JDIH Kabupaten Pemalang telah dirintis sejak tahun 2012. Langkah awal dilakukan melalui inventarisasi dokumen hukum baik buku-buku referensi maupun peraturan perundang-undangan, menyusun katalog, dan membuat aplikasi website. Website yang telah dibangun pada tahun 2013 sempat mengalami kerusakan sehingga harus dibangun kembali dengan menginput ulang data dan melakukan integrasi dengan website JDIH Nasional.

Selain website, saat ini, beberapa aplikasi penunjang yang telah dibangun antara lain JDIH Online (aplikasi pencarian produk hukum berbasis android), perpustakaan online, buku tamu elektronik. Sarana promosi dan pemberian informasi kepada melalui iklan layanan masyarakat di LPPL Radio Swara Widuru dan akun media sosial.

Dalam praktiknya, menurut Puji, pengelolaan JDIH Kabupaten Pemalang dilakukan lintas OPD dengan melibatkan OPD terkait seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk pengelolaan Perpustakaan Hukum dan Diskominfo untuk pemeliharaan aplikasi. Selain itu, hubungan koordinasi dengan perangkat daerah sebagai anggota jaringan juga dibangun melalui rapat koordinasi berkala anggota JDIH Kabupaten Pemalang.

Dalam kunjungan tersebut, Tim BPHN melakukan verifikasi fisik dan teknis dalam rangka penilaian pengelolaan JDIH tingkat nasional. Setelah mendengarkan paparan, meninjau ruang perpustakaan, dan mengecek pemanfaatan TIK, Yasmon memberikan apresiasi atas upaya-upaya JDIH Kabupaten Pemalang dalam memberikan akses dan pelayanan kepada masyarakat.

Ke depan, seperti disampaikan Yasmon, JDIH Kabupaten Pemalang perlu melakukan terobosan melalui penyediaan sarana akses di tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat. Selain itu, Bagian Hukum juga memiliki PR untuk melakukan pembinaan khusus kepada Setwan agar membentuk website JDIH di lingkup DPRD sebagai wadah pengelolaan dokumen-dokumen hukum yang dihasilkan dari rapat-rapat DPRD.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here