Peresmian dan Pengukuhan Gudep 02-033 Pangkalan Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang

0
217

Bintan, NAWACITA – Peresmian dan Pengukuhan Gudep 02-033 Pangkalan Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang ini diselenggarakan di lapangan volli Lapas Narkotika.

Peresmian dan Pengukuhan ditandai dengan Pelantikan Pengurus Gudep 02-033 periode 2019-2022 oleh Ketua Kwartir Cabang Pramuka Bintan Dalmasri Syam serta pembukaan selubung plang Gudep 02-033 Pangkalan Lapas Narkotika oleh Kakanwil KumHam Kepri Zaeroji.

“Tujuan kegiatan pramuka yang sebenarnya sangatlah mulia yakni untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku”, ujar Kakanwil dalam sambutannya pada Peresmian dan Pengukuhan Gudep 02-033 Pangkalan Lapas Narkotika.

Baca Juga: Inginkan Seluruh Satker yang Diusulkan Memperoleh Predikat WBK/WBBM, Kakanwil Kemenkumham Kepri Zaeroji Kunjungi BPS di Kota Batam

“Pramuka yang berasal dari kata Praja Muda Karana mengandung arti sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya berkaitan dengan hal tersebut sebagai anak muda haruslah bisa berkarya dengan mengisi hal-hal yang positif didalam kehidupan“, ungkap Kakanwil.

Berkaitan dengan hal tersebut beliau berpesan agar sebagai generasi muda meskipun tengah menjalani masa pidana di Lapas untuk tetap terus semangat berkarya sehingga saat menghirup udara bebas nantinya akan mampu mengimplementasikan ilmu kepramukaan yang telah didapat kedalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga: Pelaku Perdaganan Orang diamankan Polda Kepri

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam yang menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bintan dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa membentuk pramuka harus dari sekolah dasar, harus sedini mungkin mengajak anak-anak mengajak rekan agar aktif mengikuti kegiatan pramuka supaya mampu melahirkan calon-calon pemimpin bangsa kedepan yang berkarakter dan berakhlak mulia serta mempunyai sifat kreatif, inovatif dan memiliki ide-ide yang cemerlang.

“Pramuka memberi tempat, ruang dan waktu untuk WBP, tidak ada kata terlambat kalian mempunyai hak untuk ikut membangun bangsa ini“, ucapnya. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ka.Lapas narkotika Kelas IIA Tanjungpinang (Ketua Majelis Bimbingan Gugus Depan) Mishbahuddin yang mengapresiasi kegiatan kepramukaan di lingkungan Lapas Kelas Narkotika yang telah dinanti selama 2 tahun pada periode kepemimpinannya.

Baca Juga: Wawancara Psikotes Gali Kepribadian Calon Taruna

“Kepramukaan sangat penting artinya untuk dilaksanakan bagi warga binaan pemasyarakatan yang bertujuan untuk membentuk karakter budi pekerti luhur dan jiwa tangguh serta trengginas bagi setiap warga binaan pemasyarakatan baik di lapas maupun rutan yang ada diseluruh Indonesia“, ujarnya.

Dalam kepramukaan terdapat hal-hal yang dapat melatih kita untuk memiliki keterampilan dan ketangkasan sehingga dapat menjadi bekal untuk warga binaan pemasyarakatan berkolaborasi dengan masyarakat setelah bebas nanti, tambahnya. Disisi lain Mishbahuddin berharap dengan adanya Gudep 02-033 ini nantinya akan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pembinaan terhadap Warga Binaan sekaligus menjadi wadah bagi hasil karya WBP itu sendiri. Usai acara pokok kemudian dilanjutkan dengan penampilan keterampilan kepramukaan Warga Binaan Lapas Narkotika dengan atraksi baris berbaris, semaphore serta penampilan band.