Mamuju, NAWACITA – Bertempat di Aula Prof Baharudin Lopa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, diselenggarakan sosialisasi tentang Manajemen Arsip terkait Supersivi Tata Kelola Data dan Arsip Fidusia, dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala divisi Pelayanan Hukum Kumham Sulbar Sri yuliani, dan diiukuti 25 peserta yang terdiri dari Pejabat Administrator, Pengawas, JFT dan JFU dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi barat.

Dalam sambutannya Sri yuliani mengucapkan selamat datang di Sulawesi Barat kepada Tim Ditjen AHU dan Setjen, kami menyambut baik kegiatan ini karena selain sebagai media knowledge sharing juga diharapkan bisa memberikan solusi tentang masalah yang ditemui dalam Pengelolaan Data Fidusia di Wilayah.

“Saya menginformasikan data arsip fidusia Kanwil Sulbar dari tahun 2007 sampai 2013 kurang lebih 4000 arsip, dan kami sudah melakukan proses digitalisasi tersebut mencapai 70 persen sesuai dengan surat edaran dan petunjuk dari permenkumham” ucap Sri Yuliani.

Dalam sosialiasi tersebut Roro Leniwati Kasubbag Biro Umum Setjen sebagai narasumber menyampaikan tentang Prosedur Penyusutan Arsip Secara Reguler, yaitu dimulai dari Proseses Pemindahan arsip inaktif dari Unit Pengolah ke Unit Kearsipan kemudian Memusnahkan Arsip sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang kemudian Menyerahkan Arsip statis ke Lembaga Kearsipan yaitu Kearsipan Nasional Republik Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM R.I. Nomor 54 Tahun 2016 yaitu tentang perubahan atas PERMEN Hukum dan HAM Nomor 35 Tahun 2013 Tentang Proses Jadwal Retensi Arsip dan Prosedur Penyusutan Arsip di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan tersebut ditutup dengan tanya jawab terkait hal-hal teknis tata kelola data Fidusia. (Humas)

Baca juga :  Lapas Balikpapan Lakukan Upacara Tabur Bunga Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 Tahun 2022,  Di Taman Makam Pahlawan Balikpapan