Kanwil Aceh Laksanakan Rapat Persiapan Perlombaan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum)

0
188
Kanwil Aceh Laksanakan Rapat Persiapan Perlombaan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum)

Banda Aceh, NAWACITA – Hukum sebagai bagian integral dari sistem pembangunan nasional, secara strategis merupakan landasan dan menjadi perekat bidang pembangunan lainnya. Bertempat di Ruang Cut Nyak Dien diadakan rapat persiapan perlombaan Kadarkum, rapat di buka oleh kepala bidang hukum Bukhari, didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Sasmita.

Dalam rapat ini membahas hal-hal yang perlu diperlombakan untuk dinilai adapun tujuan dari diadakannya perlombaan Kadarkum untuk menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya. Dan salah satu cara dalam pembinaan Kadarkum adalah melalui kegiatan lomba Desa Kadarkum sebagaimana yang akan diperlombakan nantinya.

Bukhari menjelaskan Lomba Keluarga Sadar Hukum ini merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat. Menurutnya, kesadaran hukum tidak akan terwujud apabila tidak didukung oleh budaya hukum yang mantap baik oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat. Dengan upaya tersebut dapat menciptakan budaya hukum dalam bentuk tertib, taat dan patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kesadaran hukum tidak akan terwujud apabila tidak didukung oleh budaya hukum yang mantap, baik oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat,“ tegas Bukhari.

Lebih jauh Bukhari mengatakan maksud dari kegiatan Lomba Keluarga Sadar Hukum ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan juga sebagai salah satu cara untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terjerat masalah hukum. Selain itu, agar setiap anggota masyarakat dapat mengetahui dan meningkatkan kesadaran terhadap hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia serta memahami dan mentaati hukum yang berlaku.

Bukhari berharap agar seluruh peserta yang mengikuti Lomba Keluarga Sadar Hukum untuk dapat berkompetisi dengan sungguh-sungguh, karena yang berhasil memenangkan lomba akan dipercaya mewakili Provinsi Aceh untuk diikut sertakan pada Lomba KADARKUM Tingkat Nasional di Jakarta.

Rapat ini di hadiri Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kepala Bidang Hukum, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Kepala Sub Bidang penyuluhan hukum, bantuan hukum dan JDIH, para Jft Penyuluh Hukum, serta para pegawai di bidang penyuluhan hukum, bantuan hukum dan JDIH.