Dibekuk KPK,Anggota DPR Nyoman Dhamantra Berharta Rp 25 Milyar

1
326

Jakarta,NAWACITA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP, Nyoman Dhamantra, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (8/8/2019). Dia diamankan terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) dalam kasus dugaan suap impor produk holtikultura, di antaranya bawang putih.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang tercatat di KPK, Nyoman Dhamantra memiliki harta kekayaan mencapai Rp25 miliar pada 2016. Perinciannya, dia memiliki harta tidak bergerak berupa empat tanah dan bangunan yang tersebar di daerah Jakarta Selatan, Purwakarta (Jawa Barat), dan Tangerang Selatan (Banten) dengan nilai total Rp20,86 miliar.

Harta bergerak yang dimiliki Nyoman adalah lima mobil berbagai merek dengan nilai total Rp1.310.000.000. Mobil yang paling mahal yaitu merek Mercedes Benz senilai Rp600 juta.Harta bergerak lainnya berupa barang-barang seni dan antik senilai Rp3 miliar dan benda bergerak lainnya senilai Rp11 juta. Tidak hanya itu, politikus asal Bali itu juga memiliki giro dan setara kas berjumlah Rp500.674.500. Dalam LHKPN itu, dia tidak memiliki piutang maupun utang.

Saat OTT pagi tadi, KPK mengamankan barang bukti transfer sejumlah Rp2 miliar dan uang dalam bentuk dolar AS yang saat ini dalam proses perhitungan oleh petugas antirasuah. KPK menduga uang itu diperuntukkan bagi Nyoman selaku anggota DPR. Hingga saat ini, total KPK telah mengamankan 12 orang. Selain Nyoman, ada pihak importir (swasta), sopir, dan orang kepercayaan Nyoman. KPK mempunyai waktu 24 jam untuk menentukan status pihak yang diamankan itu.

 

Comments are closed.