PERKUAT KEAMANAN NEGARA, TPI BANDARA KUALANAMU TERAPKAN SISTEM INTERPOL I-24/7

0
87
PERKUAT KEAMANAN NEGARA, TPI BANDARA KUALANAMU TERAPKAN SISTEM INTERPOL I-24/7

Medan, NAWACITA – Perwakilan Interpol mengunjungi Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Udara Internasional Kualanamu untuk  memastikan sistem pemeriksaannya sudah terintegrasi dengan system Interpol  I-24/7.

Aplikasi yang merupakan produk dari Interpol itu untuk mendeteksi data-data dokumen yang hilang, salah satunya paspor dan juga mereka yang dicari oleh negara lain. Dengan diintegrasikannya sistem ini, maka petugas imigrasi di Bandara Samrat akan dapat mengakses database Interpol yang berisikan data dan informasi pelaku kejahatan internasional/transnasional serta dokumen palsu pada saat dilakukan pemeriksaan terhadap penumpang dan kru di konter Imigrasi.

Sebagai salah satu pintu masuk keluar orang ke dan dari wilayah Indonesia, Imigrasi terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia serta sarana yang dimiliki dalam rangka menjamin keamanan dan kedaulatan NKRI.

Indonesia diketahui merupakan salah satu dari 194 negara anggota ICPO – Interpol atau International Criminal Police Organization, dimana negara-negara anggota Interpol bekerjasama dalam memberantas kejahatan internasional/transnasional yang membahayakan keamanan global.