Samarinda, NAWACITA – Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur bekerja sama dengan  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM) menyelenggarakan assessment kompetensi bagi pejabat struktural eselon IV dan V di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kaltim, adapun jumlah Peserta yang mengikuti assessment tersebut sebanyak 30 (tiga puluh) orang Para Pejabat Struktural Eselon IV dan V yang terdiri dari 17 orang pejabat Eselon IV dan 13 orang pejabat eselon V. Hadir dalam acara tersebut adalah Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM,Bapak Djoko Setiyono, Bc.IP,SH,MM.

Tujuan kegiatan assessment ini yakni: untuk mengetahui profil kompetensi yang dimiliki para pegawai yang  menduduki jabatan struktural Eselon IV dan V di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur serta hasil Assessment dapat dipergunakan untuk Analisis Pengembangan Kompetensi yang dapat ditindaklanjuti dengan program-program pengembangan kompetensi bagi pejabat yang bersangkutan.

Dalam pelaksanaannya kegiatan Assessment ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu Psikotes, Analisa Kasus serta Wawancara kompetensi managerial.

Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Hajrianor dalam sambutannya mengucapkan selamat berjuang kepada seluruh peserta. Sebab langkah diadakan assessment ini sebagai bentuk upaya Kanwil Kemenkumham Kaltim dalam mencari calon pemimpin yang transparan, akuntabel dan berkualitas.

“Perlu kita semua ketahui bersama, bahwa untuk pengembangan kompetensi baik manajerial maupun teknis yang dimiliki seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM, bukan hanya menjadi tanggung jawab BPSDM Hukum dan HAM melalui pendidikan dan pelatihan melainkan juga menjadi tanggung jawab kita semua demi tercapainya peningkatan kinerja individu maupun organisasi oleh karena itu, kegiatan Assessment Center bagi pemangku jabatan struktural ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pribadi, kemajuan unit kerja dan kemajuan organisasi Kementerian Hukum dan HAM RI,” pungkas Hajrianor

Baca juga :  Wamen dan Sekjen Kemenkumham Halal Bihalal Virtual dengan Menkopolhukam

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Asessment Center oleh Pusat Penilaian Kompetensi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Hukum dan HAM baik yang diselenggarakan bagi para pegawai Unit Pusat maupun kantor-kantor wilayah, merupakan bagian dari program pemetaan profil kompetensi pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI. Lebih lanjut profil kompetensi pegawai akan masuk kedalam database Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum dan HAM yang terintegrasi.Bagi organisasi Kementerian Hukum dan HAM, hasil dari Assessment Center dapat digunakan sebagai sumber data untuk pengembangan sumber daya manusia yang lebih sistematis, terukur dan akuntabel.

Dalam kesempatan tersebut Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM,Bapak Djoko Setiyono dalam arahannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan assessment kompetensi pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI yang diharapkan dapat memperoleh data dan informasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Hukum dan HAM yang kompeten dalam memberikan kontribusi terbaiknya bagi organisasi.

Dan hasil penilaian kompetensi ini kiranya dapat ditindaklanjuti dengan program pengembangan SDM. Karena untuk menghadapi perubahan dunia serta sebagai upaya menghadapi revolusi industri 4.0, organisasi pemerintah harus berupaya untuk mewujudkan Smart Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan melakukan pengembangan terhadap sumber daya manusia (SDM).

“Peningkatan kualitas SDM yang mewakili perubahan tidak boleh stagnan, harus setara dengan perkembangan zaman atau bahkan berkembang melampaui skill dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan pemerintahan modern di masa mendatang” Jelas Djoko Setiyono sekaligus memulai kegiatan  Assessment di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kaltim.