Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Pengarsipan, Kemenkumham Riau Gandeng Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau

2
107

Pekanbaru, NAWACITA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau menggelar Forum Pendalaman Materi Perancang Peraturan Perundang-undangan dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si dan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Kebudayaan Universitas Lancang Kuning, Nining Sudiar, M.IP.

Forum ini dibuka oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Surung Pasaribu dengan dihadiri oleh seluruh pegawai JFT dan JFU Bidang Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau. Mengedepankan tema tata kelola pengarsipan yang baik, Rahima Erna menjelaskan pentingnya peran arsip dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan.

“Arsip itu bahan pokok. Bisa digunakan sebagai sumber informasi yang autentik dan kredibel. Misalnya dalam pemberantasan korupsi, arsip dijadikan alat bukti yang sah. Jadi sudah sewajarnya kita mulai melakukan percepatan untuk tata kelola arsip yang lengkap dan terstruktur”, ujar Rahima Erna.

Di sisi lain, Nining Sudiar lebih menekankan kepada penyelegaraan perpustakaan. Dosen yang merupakan alumni S2 Universitas UGM ini menjelaskan bahwa pandangan masyarakat tentang perpustakaan ini mengarah kepada sebuah gudang yang penuh dengan tumpukkan buku. Padahal perpustakaan itu tidak mesti memiliki tempat, bisa berupa perpustakaan digital. Namun tentu tidak merubah tujuan utama perpustakaan yakni memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan bangsa.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas manajemen kearsipan dan minat baca semua kalangan, terutama pegawai Kemenkumham Riau.

Comments are closed.