Santri Ponpes At Taubah Rutan Batang Praktik Penyelenggaraan Jenazah

15
256

Batang, NAWACITA – Pemandangan tak biasa terjadi di Masjid At Taubah Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang, Senin (29/7). Tampak salah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang berbaring kemudian dibungkus dengan kain kafan.

Peristiwa tersebut adalah praktik penyelenggaraan jenazah oleh para santri Pondok Pesantren (Ponpes) At Taubah Rutan Batang sebagai bagian dari pengajian rutin Ponpes At Taubah bekerja sama dengan Ponpes Al Ikhsan III Batang. Ustaz Abidin selaku pembimbing menuturkan pihaknya sengaja memberikan materi praktik penyelenggaran jenazah karena kurangnya pengetahuan masyarakat dalam pengetahuan penyelenggaran jenazah yang benar.

Diharapkan dengan pemberian materi tersebut, WBP yang telah selesai menjalani masa pidana dapat menerapkan ilmu yang didapat di masyarakat. “Selama ini penyelenggaraan jenazah di masyarakat sering diserahkan kepada segelintir orang karena banyak yang tidak memahami tata cara penyelenggaraan jenazah yang benar. Oleh karena itu, kami berusaha memberikan materi ini agar dapat diterapkan di masyarakat,” kata Ustaz Abidin.

Kepala Rutan Batang, Yusup Gunawan, menyambut baik pemberian materi penyelenggaran jenazah bagi santri Rutan Batang. Menurutnya, ilmu yang diajarkan sangat aplikatf dan dibutuhkan masyarakat.

“Saya sangat menyambut baik materi keagamaan seperti ini. Sangat aplikatif dan dapat berguna untuk kepentingan umum,” jelasnya.

Sebagai informasi, Ponpes At Taubah Rutan Batang yang diresmikan tahun lalu ini dalam kegiatannya bekerja sama dengan Ponpes Al Ikhsan III Batang dan Kementerian Agama Kabupaten Batang. Materi yang diajarkan meliputi baca tulis Alquran, tahfidzul quran, tahsin Alquran, dan kajian kitab.

Comments are closed.