Batang, NAWACITA – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang mempercantik diri jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74. Pada Sabtu (27/7) lalu, seluruh petugas Rutan Batang yang tengah dinas melaksanakan kerja bakti meliputi pemangkasan pohon, pengecatan, serta penyelesaian pembangunan gapura dan pemasangan umbul-umbul.

Kepala Rutan Batang, Yusup Gunawan, menjelaskan kerja bakti dilakukan agar saat peringatan HUT RI Rutan Batang tampil bersih, asri, dan anggun. “Kami ingin tampil lebih menarik, bersih, dan anggun sebagaimana motto Rutan Batang, yaitu Batang: Bersih, Aman, Tertib, dan Anggun,” kata Yusup.

Selain kerja bakti, Rutan Batang menyelenggarakan perlombaan yang diikuti oleh petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), diantaranya lomba bulutangkis, bola voli, tenis meja, catur, dan futsal.

Pemenang lomba akan diumumkan saat upacara HUT RI tanggal 17 Agustus mendatang. “Kami rutin mengadakan perlombaan menyambut HUT RI yang diikuti oleh WBP maupun petugas,” tambah Yusup.

Setiap tanggal 17 Agustus juga diselenggarakan Upacara HUT RI dan pemberian remisi umum oleh Bupati/Wakil Bupati Batang serta dihadiri oleh jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah Batang sehingga diperlukan persiapan matang, termasuk kebersihan dan keasrian rutan.

“Kami persiapkan dengan pembenahan fisik untuk menghormati tamu undangan,” pungkas Yusup.

Baca juga :  Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Kanwil Kemenkumham Riau, Laksanakan Sidang TPP dan Test Urine

Comments are closed.