Ditjen Imigrasi Bersama Kanwil Kemenkumham Jabar Gelar Internalisasi (SOPAP) Intelijen Keimigrasian

0
162

Bandung, NAWACITA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat melalui Divisi Keimigrasian pagi ini (Senin, 29/07/2019) melaksanakan Pendampingan Implementasi Peraturan Bidang Intelijen Keimigrasian Tahun 2019 di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat JL. Jakarta No 27 Lt. II Bandung.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak didampingi Kepala Divisi AdministrasiCeno Hersusetiokartiko, Kepala Sub Bidang Direktorat Produk Intelijen Direktorat Jenderal Imigrasi Herdaus, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Dedi Setiana.

Dalam laporannya Putu Suhendra sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Internalisasi SOP Administrasi Pemerintah (SOPAP) Intelijen Keimigrasian dari Ditjen Imigrasi menyampaikan bahwa “Kegiatan Internalisasi ini bertujuan untuk menyeragamkan SOPAP di 33 Kantor Wilayah di seluruh Indonesia termasuk Jawa Barat”. Peran Intelijen Keimigrasian adalah melakukan upaya, pekerjaan, kegiatan dan tindakan untuk Deteksi dini dan Peringatan dini dalam rangkaPencegahan, Penangkalan dan Penanggulangan terhadap setiap hakekat ancaman yang mungkin timbul dan mengancam pelaksanaan kebijakan keimigrasian.

Liberti dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Data yang digunakan dalam Intelijen Keimigrasian harus bisa disajikan dan digunakan untuk kepentingan Keimigrasian terutama dalam mengambil keputusan. Saya berharap Internalisasi ini harus mempunyai sebuah Goal yaitu mampu menampilkan data valid mengenai 1. Keluar masuk Orang Asing ke Wilayah Indonesia, 2. Data mengenai Pekerja Asing. Jawa Barat dalam penerapannya perlu perhatian khusus mengingat Bebas Visa yang diberlakukan beberapa negara terhadap Indonesia”.

Acara diikuti sebanyak 50 orang yang berasal dari Divisi Keimigrasian, Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Unit Pelaksana Teknis se-Jawa Barat dan PKL Taruna Politeknik Keimigrasian.