Lapas Gunung Sindur Kenalkan Lapas Terbuka Ciangir Pada Pembukaan Porsenap

10
226

Bogor, NAWACITA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur melaksanakan Upacara Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Poreseni) bagi petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, Jumat (26/7). Momen itu dimanfaatkan oleh Kepala Lapas Gunung Sindur, Sopiana, untuk mengenalkan Lapas Terbuka Ciangir yang merupakan angin segar bagi WBP yang ingin lebih produktif dan cepat bermasyarakat.

“Lapas Terbuka Ciangir letaknya dekat Gunung Sindur di Tangerang. Tidak ada pagar tembok seperti lapas umumnya. Tidurnya enak pakai ranjang, bisa dibesuk keluarga, dibekali banyak keterampilan mulai beternak, berkebun, sampai industri. Namun, WBP harus melewati asesmen yang dilakukan oleh Balai Pemasyarakatan Bogor Selasa (30/7) esok,” ujar Sopiana saat membuka Poserni dengan pelepasan 100 balon merah putih.

Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat sportivitas, daya juang dan cinta tanah air, menjaga solidaritas dan persaudaraan, serta mempererat hubungan silaturahmi antara sesama WBP maupun dengan petugas sehingga dapat mendukung program pembinaan di lapas sekaligus sarana hiburan dan terapi psikologi bagi WBP.

Jenis olahraga dan seni yang dilombakan adalah futsal, bola voli, bulutangkis, tenis meja, bola basket, dan karaoke. Ada pula perlombaan massal keterampilan merajut dengan menggunakan bahan bekas diikuti oleh seluruh WBP per kelompok. Masing-masing kelompok sebanyak 30 orang dan yang menjadi juri adalah para notaris.

“Semoga WBP bisa memanfaatkan kesempatan baik untuk berlomba-lomba menjadi pribadi yang baik dan dinyatakan lulus asesmen mengikuti program pembinaan di Lapas Ciangir. Selamat bertanding dan jaga sportivitas,” pesan Sopiana.

Comments are closed.