Staf Ahli Menkumham Memberikan Pengarahan Penguatan Pembangunan Zona Integritas di UPT Balikpapan

15
348

Balikpapan, NAWACITA – Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sedang gencar dilakukan oleh jajaran Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia. Begitu pula di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur telah berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja dan profesionalitas dalam mewujudkan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM.

Sehubungan dengan hal tersebut Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Nugroho beserta Tim Review melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Timur untuk memberikan pengarahan terkait Penguatan Pembangunan ZI di Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di Balikpapan pada Rabu ini. Dalam kegiatan tersebut Staf Ahli dan Tim Review didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor dan Kepala Bagian Program dan Humas, Sutrisno mengunjungi UPT yang berada di Balikpapan.

Kunjungan pertama Staf Ahli dan Tim Review yaitu meninjau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Balikpapan yang disambut oleh Kalapas Balikpapan, Imam Setya berserta jajaran dengan meninjau lingkungan dan tempat layanan kunjungan. Beliau mengamati sistem pelayanan kunjungan dan memeriksa beberapa fasilitas yang menjadi inovasi Lapas Balikpapan dalam mendukung Pembangunan ZI. Setelah selesai berkeliling selanjutnya pertemuan dilaksanakan di ruang Aula dengan mengumpulkan seluruh Kelompok Kerja (POKJA) WBK/WBBM Lapas Balikpapan.

Pada pertemuan tersebut Staf Ahli memberikan pengarahan terkait persiapan apa saja yang masih perlu disempurnakan khususnya di Lapas Balikpapan yang merupakan salah satu UPT yang ditunjuk dalam Program Strategi Nasional (Stranas) WBK/WBBM. Beliau menekankan sekali untuk seluruh jajaran Lapas Balikpapan berkomitmen dan mendukung penuh program tersebut dan dengan melihat kondisi saat ini beliau yakin Lapas Balikpapan dapat meraih dan menuju WBK/WBBM.

Setelah pertemuan di Lapas Balikpapan, selanjutnya Staf Ahli bergeser ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balikpapan dengan disambut oleh Karutan Balikpapan, Febie beserta jajarannya. Staf Ahli dan Tim Review juga berkesempatan melakukan peninjauan ke beberapa tempat layanan dan merasa puas dan yakin bahwa tahun depan Rutan Balikpapan sudah bisa diusulkan untuk dinilai menuju WBK/WBBM. Seluruh POKJA WBK/WBBM di Rutan Balikpapan pun berkumpul di ruang Karutan untuk menerima pengarahan dari Staf Ahli terkait upaya dalam memperkuat komitmen seluruh jajaran dalam Pembangunan ZI di Rutan Balikpapan.

Beliau berpesan bahwa seluruh usaha kita ini akan sangat membantu unit pusat yang sedang berjuang dalam meraih penilaian terbaik dari berbagai sisi, yakni Pengelolaan dan Laporan Keuangan, SPIP, SAKIP dan WBK/WBBM. “Semoga dengan meraih penilaian terbaik dari berbagai bidang, kita dapat mengusulkan kenaikan tunjangan kinerja menjadi 100 persen,” ungkap Nugroho.

UPT terakhir yang dikunjungi oleh Staf Ahli sebelum bertolak menuju Samarinda adalah Kantor Imigrasi (Kanim) Balikpapan. Didampingi Kadiv Administrasi, Kadiv Keimigrasian, Kabag PP, Kepala Lapas, Kepala Rutan, Kepala Bapas dan Kepala Rudenim Balikpapan, beliau berkesempatan meninjau langsung pelayanan di Kanim Balikpapan. Setelah menyampaikan sedikit evaluasi terhadap gedung kantor yang saat ini masih menyewa tersebut, beliau juga meminta informasi dan progres terkait Pembangunan Gedung Kanim Balikpapan yang baru dan berdialog dengan Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Gedung Kanim Balikpapan, Selanjutnya Staf Ahli bertemu dengan jajaran POKJA WBK/WBBM untuk berdialog dan memberikan arahan dalam rangka penguatan Pembangunan ZI di Ruang Sekretariat TIMPORA Kanim Balikpapan.

Beliau menekankan pentingnya untuk seluruh jajaran berkomitmen dan mendukung Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM. Salah satu komponen penting dalam WBK/WBBM adalah pelayanan prima dan menghapus pungutan liar. “Jika ingin meraih WBK/WBBM kita harus pastikan pelayanan kita kepada masyarakat sudah prima, dan kita pastikan pula bahwa seluruh pungutan liar tidak ada lagi,” pungkas Nugroho.

Sebelum menutup dialog pada pertemuan tersebut, Kepala Divisi Keimigrasian, Soenaryono menyampaikan terima kasih Staf Ahli dan Tim Review yang telah meluangkan waktunya dalam kunjungan kerja penguatan Pembangunan ZI di Kalimantan Timur. Seluruh peserta yang hadir diharapkan dapat melaksanakan seluruh arahan yang telah disampaikan. Kegiatan diakhiri dengan sesi photo bersama POKJA, selanjutnya Staf Ahli dan Tim Review berangkat menuju ke Samarinda untuk kegiatan selanjutnya.

Comments are closed.