Lapas Tanjungpandan Raih Pelaksana Anggaran Terbaik IIII Semester I Tahun 2019

16
255

Pangkalpinang, NAWACITA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan menjadi satuan kerja (satker) dengan kinerja pelaksanaan anggaran Terbaik IIII untuk Semester I Tahun 2019 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Keuangan Bangka Belitung. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Bangka Belitung, Supendi, kepada Kepala Lapas Tanjungpandan, Seno Utomo, dalam Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggaran DJPB Bangka Belitung, Kamis (25/7).

Dengan capaian ini, Lapas Tanjungpandan mencatatkan diri sebagai satker Terbaik I di lingkup Kantor Pelayanan Pajak Negara (KPPN) Tanjungpandan. “Kami semakin optimis untuk terus meningkatkan kinerja dibidang pengelolaan keungan. Hasil capaian ini juga membuktikan bahwa kami sukses dalam mengawal penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Hal inilah yang selalu saya tekankan kepada Tim Pengelola anggaran Lapas Tanjungpandan agar disiplin dalam mengelola anggaran,” tegas Seno.

Ia mengucapkan terima kasih kepada kepala KPPN Tanjungpandan atas dukungan dan kerja samanya selama ini. Secara khusus, Seno juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Sub Bagian Tata Usaha yang dimotori oleh Hendra Kurniawan, Kepala Urusan (Kaur) Kepegawaian dan Keuangan, Pirmansyah, selaku Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar, Kaur Umum Ghozali, selaku Pejabat Pembuat Komitmen, serta Bendahara, Endang Meidiansyah, yang sudah bekerja keras menunjukkan dedikasinya yang tinggi sehingga LapasTanjungpandan dalam dua tahun ini selalu mendapatkan hasil yang baik dalam pengelolaan keuangan.

“Kedepannya kami akan bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan kinerja terbaik dalam menjalankan tugas dan fungsi,” janji Seno.

Ia pun meminta Tim Pengelola Keuangan tetap menjaga integritas serta berorientasi pada pelaksanaan program kegiatan sesuai output sebagaimana telah ditetapkan dalam program Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran serta membangun citra positif institusi dengan bekerja keras dan lebih keras lagi.

Sementara itu, Bendahara Lapas Tanjungpandan, Endang Meidiansyah, menjelaskan keberhasilan ini merupakan kerja bersama dari seluruh Tim Pengelola Keuangan Lapas Tanjungpandan. Ia menuturkan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang sudah dikembangkan oleh Ditjen Perbendaharaan dijadikan sebagai ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran yang memuat 12 indikator yang mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan terhadap regulasi, efektivitas, dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.

“Berdasarkan masukan dari KPPN Tanjungpandan ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan capaian IKPA dan kami selalu pedomani itu,” ujar Endang.

Selain Lapas Tanjungpandan, satker penerima penghargaan lainnya adalah Sekolah Polisi Negara Kepolisian Daerah Babel dan Badan Pusat Statistik Provinsi Bangka Belitung. Turut hadir Kepala KPPN Tanjungpandan, Rd .Yen Yen Nuryeni.

Comments are closed.