Jakarta,NAWACITA-Komedian Tri Retno Payudati atau Nunung (55) meluruskan soal anggapan ia memakai narkoba selama 20 tahun lebih. Nunung menegaskan, 20 tahun yang lalu adalah waktu di mana ia pertama kali mengenal narkoba. “Maksud saya 20 tahun lalu (pakai narkoba), terus sudah berhenti. Maksudnya mulai 20 tahun lalu dan berhenti 20 tahun lalu,” kata Nunung kepada Jurnalis KompasTV Fristian Griec dalam wawancara eksklusif untuk Kompas TV, Senin (22/7/2019).

Saat itu, Nunung baru memulai karier sebagai komedian. Ia bergabung dengan grup lawak Srimulat. Nunung mengaku terpengaruh lingkungannya untuk coba-coba narkoba. “Kalau itu (pengaruh) lingkungan seprofesi saja. Ya, saya ikut-ikutan aja,” jelas Nunung.

ia akhirnya sadar untuk berhenti menggunakan narkoba. Atas kemauan sendiri, Nunung menjalani rehabilitasi narkoba di Surabaya. Puluhan tahun, Nunung berhasil lepas dari jerat narkoba.

Sayangnya, Nunung kembali tergoda pada 5 bulan lalu, tepatnya Maret 2019. Tawaran kerja yang semakin banyak membuat Nunung terpikir untuk memakai narkoba lagi.  Saat itu, Nunung merasa perlu dibantu dengan konsumsi narkoba. Nunung akhirnya rutin mengonsumsi narkoba setiap pagi sebelum memulai aktivitas. Namun, ia salah besar. Narkoba ternyata tak membuat staminanya kuat untung menjalani syuting hingga pagi.

“Saya tetap saja ngantuk, tetap saja capek, saya pulang juga capek. Kata suami, ‘Nah benar kan enggak ada untungnya, masih tetap capek.’ Tapi hati ini enggak bisa melawan,” ungkap Nunung.

Nunung selalu berusaha menyembunyikan kebiasaan buruk itu dari keluarga besarnya. Setiap akhir pekan, Nunung menjadi ibu dan nenek yang bebas dari narkoba. Ia mengaku sama sekali tidak mengonsumsi sabu pada Sabtu dan Minggu karena waktunya berkumpul bersama keluarga. Selama libur lebaran kemarin, Nunung juga berhasil tak menyentuh barang haram itu.

Baca juga :  Ronny Sompie: Negara Tidak Menghalangi Rizieq Shihab Pulang

Comments are closed.