Beginilah Harapan kakanwil Kumham Sulbar kepada 100 Warga Binaan yg Dilatih Konstruksi

51
180

Sulbar, NAWACITA – Kakakanwil kemenkumham Sulbar, Harun Sulianto, yg diwakili Kabid keamanan, kesehatan, perawatan, dan pengelolaan badan baran, Sugandi mengatakan bahwa, Fungsi Pemasyarakatan adalah Menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat berintegrasi secara sehat dan dapat diterima kembali oleh masyarakat, dan berperan dalam pembangunan, dapat hidup secara wajar sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

Ia juga menilai, menjadikan WBP yang terampil, baik selama maupun setelah menjalani pidana adalah bentuk perhatian Negara guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing, yg selaras dengan revitalisasi pemasyarakatan

Termasuk dengan pelatihan kejururuan, pengembangan skill dan keterampilan dalam menyiapakan WBP memperoleh lapangan pekerjaan seperti saat ini.

Hal itu disampaikan ketika acara pembukaan pelatihan jasa konstruksi kepada 100 Warga Binaan di lapas Polewali Senin (22/7), Yg merupakan kerjasama antara Kemenkumham dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pelatihan dibagi dalam tiga kelas yakni pertukangan kayu, pertukangan batu dan besi/las. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 22-24 juli 2019. Peserta akan diuji sertifikasi oleh lembaga pembinaan jasa konstruksi (lpjk), jika lulus maka nama peserta dimasukkan dalam website bursa tenaga terampil.

Ini Sesuai dengan Pidato ‚ÄúVisi Indonesia” Presiden Joko Widodo bahwa prioritas Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan.

Semoga kiranya pelatihan yg dilanjutkan dg ujian dan proses sertifikasi ini memberikan kontribusi positif bagi Indonesia yang Produktif, dan Indonesia yg Kompetitif.

Comments are closed.