Prioritaskan Kesehatan WBP, Rutan Gunungtua Jalin Kerjasama Dengan Dinkes

0
183

Gunungtua, NAWACITA – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Gunungtua melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padanglawas Utara dalam hal meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan (WBP).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan MoU oleh Kadis Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap dan Kapala Rutan Gunungtua, Sangapta Surbakti, Senin (22/7) di Kantor Dinkes Paluta.

Kepala Rutan Gunungtua, Sangapta Surbakti mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini dalam hal layanan kesehatan serta bantuan obat-obatan bagi tahanan dan narapidana.

Disampaikannya, dengan momentum kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan layanan kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan Rutan Gunungtua. “Seberapa besarpun beban yang dihadapi, apabila ditangani secara bersama akan terasa lebih ringan dan manfaatnya juga dirasakan bersama,” kata Kepala Rutan.

Sementara, Kadis Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap mengatakan, kerjasama ini dalam hal layanan kesehatan warga binaan. “Inti kerjasama ini adalah meningkatkan sistem dan kemudahanan layanan kesehatan bagi warga binaan,” ungkapnya.

Kata Kadinkes, pemeriksaan kesehatan warga binaan akan dilakukan secara rutin serta membantu kebutuhan obat-obatan. “Rencananya pemeriksaan dilakukan setiap satu kali seminggu. Bahkan nanti akan dibuat kader kesehatan di masing-masing sel,” ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada warga binaan supaya rutin melakukan gotong royong dan menerapkan pola hidup bersih serta mengantisipasi penyebaran penyakit menular di dalam rutan.