Perkuat ZI WBK Kepala Divisi Administrasi Kunjungi Lapas Kelas III Bontang

1
140

Bontang, NAWACITA – Dalam rangka penguatan semangat dan komitmen untuk mewujudkan ZI WBK, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor didampingi Kabagum Amri D. Harahap, Kabag Program dan Hubungan Masyarakat Sutrisno, Kasubag Program dan Pelaporan Munaji serta Staf Sub Bag Humas, RB dan TI Indro atas perintah Kakanwil telah mengunjungi Lapas Kelas III Bontang.

Tiba di Lapas Bontang Kadiv Administrasi dan rombongan disambut langsung oleh Kalapas Bontang Heru Yuwono dan pejabat struktural pada Lapas Bontang. Kunjungan Kadiv Administrasi dan rombongan adalah untuk melihat sejauh mana persiapan yang dilakukan dan hal-hal apa saja yang menjadi unggulan bilamana dilakukan penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN).

Sebagaimana hasil dari Tim Penilai Internal yaitu penilaian oleh Inspektorat Jenderal bahwa Lapas Bontang merupakan salah satu UPT dari 5 (lima) satker yang dapat diusulkan WBK, oleh karena itu perlu dikawal dan diperkuat dan terus dimotivasi agar peluang memperoleh predikat WBK pada akhirnya dapat tercapai.

Dalam kunjungan tersebut hal yang pertama dilihat adalah sejauhmana proses layanan yang diberikan betul-betul memberikan rasa kemudahan dan kepuasan  bagi pengunjung serta sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal yang membanggakan ternyata Lapas Bontang mampu membuat suatu perubahan dengan suatu inovasi diberbagai bidang layanan dan hal tersebut memberikan keyakinan bahwa Lapas Bontang sangat diunggulkan dapat meraih predikat WBK.

Kalapas Bontang Heru Yuwono mengajak Kadiv Administrasi dan rombongan untuk melihat bagaimana proses layanan terhadap pengunjung mulai dari proses pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrian secara elektronik bagi pengunjung/pembezuk sampai dengan proses dipertemukannya pembezuk dengan warga binaan dengan jangka waktu berkunjung yang sama setiap pembezuk yang semuanya dilaksanakan serba transparan.

Disamping itu beberapa layanan unggulan lainnya diperkenalkan oleh Heru Yuwono seperti sarana IKM, sarana untuk mengetahui hak-hak warga binaan seperti memperoleh remisi, asimilasi, PB, CMB, CMK, Cuti Bersyarat dan juga expirasi/tanggal bebas yang dapat diakses oleh warga binaan melalui sarana layanan berbasis elektronik.

Berbagai layanan informasi juga telah tersedia, serta fasilitas lainnya seperti sarana bermain anak, ruang santai/hiburan petugas piket, warung koperasi dengan sistem pembayaran menggunakan kartu/non tunai e-Money dan Brizzy,  ruang laktasi, jalur khusus bagi pengunjung berkebutuhan khusus/disabilitas, jalur evakuasi dilengkapi dengan prosedur/SOP yang terpasang pada tempat yang mudah dilihat dan dibaca, ditambah dengan tersedianya areal perkebunan, peternakan, dan juga kolam ikan dan pertanian dengan sistem aqua ponik yang semuanya melengkapi keunggulan dari Lapas Bontang.

Sangat terasa sekali bahwa suasana yang ada di Lapas Bontang memberikan kenyamanan dan rasa betah sehingga siapapun yang berkunjung merasa nyaman karena mendapatkan pelayanan yang baik didukung kondisi lingkungan yang kondusif. Sangat wajar ketika warga binaan ditanyakan oleh Kadiv Administrasi terutama warga binaan perempuan yang baru pindah ke Lapas Bontang menyatakan merasa nyaman dan betah berada di Lapas Bontang.

“Kalau melihat dari kondisi yang ada di Lapas Bontang ini rasanya tidak kalah dengan apa yang ada di Lapas Cibinong dan saya yakin Lapas Bontang akan berhasil meraih WBK”  demikian ungkap Hajrianor mengakhiri kunjungan dan pemantauannya di lingkungan gedung Lapas Bontang. Selesai melihat kondisi lingkungan gedung selanjutnya dilaksanakan pertemuan dengan Tim Pokja WBK Lapas Bontang untuk  menyampaikan berbagai informasi serta pemberian  penguatan dan motivasi kepada Tim Pokja WBK  agar terus berbuat yang terbaik dan selalu siap dengan berbagai perubahan yang terjadi.

 

Comments are closed.