Penguatan dan Pendampingan UPT WBK oleh Plt. Kakanwil Bangka Belitung

0
205

Pangkalpinang, NAWACITA – Sebanyak 9 pejabat Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang datang ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung untuk meyampaikan paparan terkait Progres Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM secara langsung kepada Plt. Kakanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung dan Para Kepala Divisi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kep.Babel, Kamis (11/07).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penguatan dan pendampingan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM yang diberikan oleh Kanwil Kemenkumham Kep.Babel agar UPT yang diusung sebagai UPT WBK bisa terwujud.

Tahun 2019 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung ada beberapa UPT berhasil lolos untuk melanjutkan perjuangannya menuju UPT WBK. UPT tersebut antara lain 1 (satu) UPT Pemasyarakatan yaitu LPKA Kelas II Pangkalpinang dan 2 (dua) UPT Imigrasi yaitu Kantor Imigrasi Pangkalpinang dan Kantor Imigrasi Tanjung Pandan. Selain 3 (tiga) UPT tersebut, Kanwil Kemenkumham Kep. Babel juga lolos menuju WBK pada tahun ini.

“Sebetulnya tahun ini adalah tahun kedua kami diusulkan menjadi UPT WBK, namun pada tahun lalu (2018) kami masih belum lolos seleksi oleh tim penilai. Kegagalan bukan menjadikan kami untuk berhenti namun memberikan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi, sehingga pada tahun 2019 kami diberikan kesempatan untuk menjadi UPT WBK dan merupakan satu-satunya UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kep. Bangka Belitung yang dinyatakan lolos oleh tim penilai Itjen,” pungkas Suyatno, Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang.

“Hari ini kami dan UPT lainnya melakukan paparan terkait progres pembangunan ZI menuju WBK bertujuan untuk menyampaikan sejauh mana yang sudah dilakukan dan apa saja yang menjadi kendala pelaksanaan setiap kegiatan pendukung dalam pembangunan ZI menuju WBK, agar semuanya bisa menjadi UPT WBK tahun 2019,” tambah Suyatno.

“Mari saling bersinergi antar divisi untuk sama-sama mensukseskan pembangunan ZI menuju WBK di Kanwil Kemenkumham Kep. Babel , LPKA Pangkalpinang, Kanim Tanjung Pandan dan Kanim Pangkalpinang, Sejauh ini apa yang sudah dilakukan oleh LPKA Kelas II Pangkalpinang sudah cukup baik dan sudah banyak progress, namun perlu diperhatikan juga bahwa kemasan dalam penyampaian materi lebih runtut,” ujar Lulu Ratnaningtyas, Plt. Kakanwil Kemenkumham Kep.Babel.

Lulu Ratnaningtyas juga berharap agar LPKA Pangkalpinang bisa berinovasi terkait kegiatan pengamanan dan pembinaan. Manfaatkan dan maksimalkan kemampuan serta keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di LPKA Pangkalpinang untuk mengoptimalkan output pelayanan di LPKA Pangkalpinang.

Hal senada juga disampaikan oleh Maulidi Hilal, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung.

“Sampai hari ini LPKA Pangkalpinang sudah menunjukkan progress yang signifikan, baik pelayanan maupun titik-titik tertentu yang menjadi nilai tambah untuk memberikan pelayanan prima kepada pengunjung yang sudah diperbaiki. Hari ini saya akan memberikan alas tidur bayi untuk LPKA Pangkalpinang agar bisa digunakan di ruang laktasi,” jelasnya.