Kanwil Jateng Dan Lapas I Semarang Hadiri Upacara HUT Bhayangkara Ke 73

0
137

Semarang, NAWACITA – Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 (10/07) yang berlangsung di Lapangan Pancasila atau yang lebih dikenal dengan Lapangan Simpang Lima Semarang diikuti oleh peserta dari berbagai elemen masyarakat termasuk dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang.

 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bertindak sebagai Inspektur pada upacara yang dimulai pukul 07.00 WIB ini. Dalam amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakannya, Ganjar memberikan 5 (lima) instruksi Polri untuk menghadapi tantangan di masa depan.

 

Instruksi yang diberikan antara lain meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna menghadapi tantangan yang semakin banyak. Selanjutnya Ganjar mengatakan Polri untuk mengedepankan strategi proaktif dan preventif melalui tindakan dan pendekatan humanis.

 

Ketiga, kualitas pelayanan publik modern yang mudah dan cepat untuk terus ditingkatkan. Kemudian Polri diminta untuk mengedepankan profesionalisme dalam upaya penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan. Terakhir dalam instruksinya Ganjar mengatakan agar Polri memperkuat koordinasi dengan TNI, Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial.

 

Dalam upacara ini, Gubernur berkesempatan memberikan penghargaan kepada anggota Polri yang dinilai berprestasi untuk bangsa. Upacara diakhiri dengan pertunjukan-pertunjukan salah satunya pertunjukan Polisi Cilik.