Pembangunan Trotoar Ramah Disabilitas Diharapkan Sesuai Standar

0
86

Padang, NAWACITA – Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Padang, Icun Sulhadi mengapresiasi  Pemerintah Kota Padang dalam membangun trotoar ramah disabilitas. Kendati demikian Icun berharap trotoar dimaksud dibangun sesuai dengan aturan pelaksanaan pembangunan trotoar ramah disabilitas.

Icun menilai pembangunan trotoar ramah disabiltas yang ada selama ini dinilai masih asal-asalan, seperti standar ram masih sangat tajam, termasuk kemiringan ram tajam bagi penguna kursi roda serta  dinding blok pengarah diarahkan ketiang dan pot bunga.

Icun yakin dengan anggaran besar yang dikucurkan untuk pembangunan trotoar tersebut, Pemko hendaknya bisa memenuhi semua prinsip-prinsip pembuatan trotoar tersebut dengan aturan yang benar.

“ Mewakili penyandang disabilitas di Padang, Icun memohon agar pembangunan trotoar baru yang dikatakan ramah disabilitas, benar-benar dibangun sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum, yang secara rinci telah mengatur standar pembangunan trotoar bagi disabilitas.” Ungkap Icun, Jumat (5/7/2019).

Selain itu, pembangunan trotoar itu harus benar-benar diawasi, karena  pemborong atau kontrator pelaksana bisa saja memiliki pemahaman berbeda terkait trotoar ramah disabilitas. Sebab hal itu terjadi pada pembangunan trotoar sebelumnya.

“  pihaknya juga menyayangkan prilaku masyarakat yang masih memanfaatkan trotoar seenaknya, seperti untuk lahan parkir, berdagang sehingga menghilangkan fungsi aslinya, serta membuat fasilitas itu cepat rusak” Jelas Icun.