Kanwil Jateng Terima Kunjungan Bapemperda Cilacap Bahas Raperda

53
187
Semarang, NAWACITA – Sebanyak 17 (tujuh belas) anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Sekretariat Dewan Kabupaten Cilacap berkunjung ke Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Kamis (04/07). Kunjungan mereka dalam rangka diskusi terkait bantuan Kanwil terhadap Rancangan Peraturan Daerah di Kabupaten Cilacap.
Kemenkumham memang memiliki peran dalam pembentukan Raperda maupun menjaga perda melalui Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Perancang. “Kami menjaga perda di jawa tengah agar tetap menjadi satu kesatuan dalam sistem hukum nasional,” kata Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, RR. Sri Widyaningsih saat membuka kegiatan.
Sebelumnya Widya, sapaan akrabnya menjelaskan kepada Bapemperda terkait tugas dan fungsi perancang dalam peraturan daerah. Tak lupa Widya juga mengutarakan bahwa Kanwil Kemenkumham Jateng memberikan fasilitas jasa perancang kepada pemerintah daerah uang membutuhkan.
“Kami menyediakan jasa perancang jika pemerintah daerah membutuhkan,” kata Widya. “Untuk pengajuan jasa perancang dari Kanwil bisa dilakukan sesuai prosedur,” tambahnya saat menjelaskan peran Kanwil Kemenkumham Jateng pada perda.
Selain diskusi mengenai Raperda, maksud dan tujuan kunjungan Bapemperda ke Kanwil Kemenkumham Jateng juga untuk pembahasan penyusunan Naskah Akademik dan harmonisasi perda Kabupaten Cilacap.
“Teman-teman dari Kabupaten Cilacap baru pertama kali berkunjung kesini, kami harap kerjasama ini dapat selalu terjalin dengan baik,” ujar Harun Al Rasyid, Ketua Bapemperda Kabupaten Cilacap, yang kemudian berlanjut dengan diskusi secara lebih intens.

Comments are closed.