Yasonna H. Laoly: Open Your Mind, Jangan Pernah Berhenti Mencari Ilmu dan Meng-Upgrade Pengetahuan

2
680

Sumsel, NAWACITA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Capaian Kinerja Kementerian Hukum dan HAM Semester I Tahun 2019. Acara Rakor dibuka secara resmi oleh Menkumham RI, Yasonna H. Laoly pada Senin malam (1/7) di The Sultan Hotel Jakarta.

Disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto dalam laporannya bahwa Rakor yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari ini (tanggal 1-3 Juli 2019) merupakan pelaksanaan kegiatan yang tertuang dalam Kalender Kerja Kementerian Hukum dan HAM dan dilaksanakan dalam rangka Pengendalian Capaian Kinerja semester I Tahun 2019, pelaksanaan tugas dan fungsi, serta pelaksanaan implementasi Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Para peserta Rapat Koordinasi berjumlah 332 orang yang terdiri dari seluruh Pimpinan Tinggi Madya, staf khusus Menteri, staf ahli Menteri, dan para pimpinan tinggi pratama di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Mekanisme pelaksanaan Rakor pada hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh Menteri Hukum dan HAM.

Pada hari kedua, akan dilakukan evaluasi seluruh Kepala Kantor Wilayah beserta para Kepala Divisi. Materi evaluasi meliputi : capaian target kinerja semester I Tahin 2019, akuntabilitas kinerja dan anggaran, pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dan program dukungan manajemen. Evaluasi akan dilakukan oleh tim evaluator dan Pimpinan Tinggi Madya, staf ahli dan staf khusus Menteri, serta Sekretaris unit utama. Pada hari kedua nanti juga akan dilakukan kegiatan jobfit oleh panitia seleksi, kemudian dilanjutkan dengan self assesment pengisian informasi kinerja dan penyusunan Action Plan target kinerja B09 dan B12 Tahun 2019.

Pada hari ketiga kegiatan Rakor akan dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Pengutan dan Pemanfaatan Basis Data Dalam Rangka Pencegahan Tindak Pidana Bagi Korporasi dengan Menteri Keuangan, Menteri ESDM, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Perdagangan, Menteri ATR/BPN, Menteri Dalam Negeri, Menteri PAN-RB, dan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terakhir, akan dilakukan penutupan Rakor Pengendalian Capaian Kinerja Kementerian Hukum dan HAM semester I Tahun 2019.

Pada kesempatan yang sama Bambang Rantam menuturkan bahwa Rakor kali ini ditampilkan sengaja berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Ada dua (2) hal yang menjadi alasan mengapa kami membuat Rakor kali ini sedikit berbeda. Pertama, secara normatif mungkin saja kebersamaan Bapak Menteri merupakan yang terakhir untuk bersama kami. Alasan kedua karena begitu banyak petunjuk, kebijakan, dan arahan dari Bapak kepada kami untuk membawa kemajuan dalam mencapai prestasi tertinggi. Kesempatan malam ini kami gunakan sekaligus sebagai  penyampaian apresiasi selama kebersamaan Bapak dengan kami dalam membangun dan menciptakan Kementerian yang besar dan berprestasi,” tutur Bambang.

Acara pembukaan Rakor juga menampilkan video pencapaian gemilang Kemenkumham RI dibawah kepemimpinan sang Motivator dan Inovator, Yasonna H. Laoly. Dibarengi dengan persembahan khusus dari jajaran Kemenkumham RI kepada sang Menteri yang diberi judul” Apresiasi kami untukmu Yasonna H. Laoly, “. Menampilkan Adi MS dan Twilite Orchestra beserta All Star Singers.

Sementara itu, dalam sambutannya Yasonna menuturkan kepada para peserta Rakor agar tetap bekerja dengan sekuat tenaga dalam usaha membawa kemajuan dan pencapaian kinerja bagi Kemenkumham. Ia juga menuturkan agar setiap pegawai selalu tertanam di dalam hati untuk menciptakan kenangan yang baik yang dapat diingat oleh setiap orang di setiap lingkungan kerja. Saya sering kali menyampaikan pesan-pesan nilai dalam berbagai arahan agar selalu diingat ketika bekerja. Istilah yang saya sebut dengan 4 L dalam bekerja itu yaitu: To life, To love, To learn, and To leave legacy,” ungkapnya.

“Masa jabatan saya akan berakhir pada tahun ini, saya ingin meninggalkan Kemenkumham dengan Legacy yang baik dan membanggakan. Saya yakin saudara-saudara mampu dan mau menjaga dan merawat kinerja Kementerian Hukum dan HAM untuk selalu menjadi yang terbaik dalam bingkai PASTI yang menjadi jiwa kita dalam bekerja, ” tegasnya.

Disampaikan olehnya bahwa masih banyak pekerjaan besar yang harus diselesaikan. Dalam masa kepemimpinannya yang sebentar lagi akan berakhir, ia mengajak para peserta Rakor untuk selalu terus belajar, bersinergi, dan berkolaborasi.” Open your mind. Jangan pernah berhenti mencari ilmu dan meng-upgrade pengetahuan, karena persaingan akan semakin ketat,” tambahnya.

Saya ingin jajaran Kemenkumham menjadi petarung yang handal yang mampu bersaing dengan kader-kader Kementerian/Lembaga lain dan mampu tampil menjadi juara pada Open Bidding,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut sebagai peserta, yaitu: Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel ( Sudirman D. Hury), Kadiv. Administrasi (Indra Gunawan Begab), Kadiv. Pemasyarakatan (Giri Purbadi), Kadiv. Keimigrasian (Hendro Tri Prasetyo), Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM (Bambang Setiabudi).

Saat diwawancarai oleh tim Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel usai pembukaan acara, Sudirman D. Hury selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel mengatakan bahwa sistem pelaksanaan Rakor kali ini berbeda dengan Rakor sebelumnya. “Ini merupakan suatu inovasi dalam penyelenggaraan Rakor, saya dan para pimpinan tinggi Kanwil Kemenkumham Sumsel siap untuk mengikuti pelaksanaan evaluasi Pengendalian Capaian Kinerja Semester I Tahun 2019. Mudah-mudahan Kanwil Kemenkumham Sumsel mendapatkan penilaian evaluasi yang terbaik karena SUMSEL PACAK GALO,” ungkapnya.

Comments are closed.