Tanamkan Sadar dan Taat Hukum Sejak Dini, Kanwil Kemenkumham Kalsel Adakan Penyuluhan Hukum

58
230

Marabahan, NAWACITA – Peningkatan kesadaran akan pentingnya hukum harus dimulai dari pendidikan sejak dini. Pendidikan yang baik tentu menghasilkan kualitas manusia yang bertanggung jawab, memiliki toleransi, dan peduli dengan sesama, karena hanya orang-orang terpelajar yang mencintai ketertiban dan keharmonisan dalam hidup di masyarakat.

Kesadaran akan hukum di kalangan generasi muda sangat diperlukan sebagai generasi penerus bangsa, yang dapat memberikan kenyamanan dan kedisiplinan khususnya di lingkungan pendidikan dan di lingkungan masyarakat serta negara pada umumnya.

Menyikapi hal ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan melakukan kegiatan Ceramah Penyuluhan Hukum yang merupakan salah satu bentuk kegiatan penyuluhan hukum secara langsung kepada masyarakat. Acara ini dilakukan oleh Bidang Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan.

Ceramah Penyuluhan Hukum Tahun 2019 yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Marabahan, diikuti oleh Kepala Bidang Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Rustam Efendi mewakili Kakanwil. Bertindak sebagai Narasumber adalah Penyuluh Hukum Muda Kanwil Kemenkumham Kalsel, Yulli Rachmadani dan Dianor dengan materi UU Perlindungan Anak dan UU ITE.

Pada dasarnya, penyuluhan hukum merupakan kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku guna mewujudkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta budaya hukum dalam bentuk tertib, taat dan patuh terhadap norma hukum.

Kegiatan Ceramah Penyuluhan Hukum bagi para pelajar di Provinsi Kalimantan Selatan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, dengan harapan agar upaya pemahaman terhadap hukum, penanaman kesadaran dan ketaatan terhadap hukum bagi para pelajar akan lebih mudah diterima dan dicerna.

Hukum bukanlah sesuatu yang memberatkan dan memusingkan, namun hukum akan membuat hidup nyaman ketika dipahami dan ditaati.

Comments are closed.