Program TC LPKA Parepare Cegah WBP LPKA Dari Penggunaan Narkotika

52
200

Parepare, NAWACITA – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Parepare menggelar program Therapeutic Community (TC) bagi 40 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tindak pidana narkotika, Rabu (3/7). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menghentikan penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lain serta mendorong untuk mengenal diri sendiri dari segi emosional, intelektual, spiritual, perilaku, dan keterampilan.

Program TC bagi WBP LPKA Parepare dilaksanakan setiap hari mulai pukul 09.00 – 11.30 WITA selama tiga bulan.

Menurut Kepala LPKA Parepare, Jayadikusumah, mengatakan program TC dipercaya dapat mengembalikan seorang pecandu pada kehidupan yang benar (right living). Konsepnya, setiap residen bertanggung jawab untuk saling menolong satu sama lain. Dengan menolong orang lain, ia sekaligus juga menolong dirinya sendiri.

“Diharapkan melalui program ini, WBP yang mengikuti TC dapat terhindar dari narkotika dan barang haram lainnya serta menjadi pribadi yang lebih jujur, tanggung jawab dan aktif setelah bebas nantinya,” harap Jayadi.

Instruktur dalam program tersebut adalah petugasLPKA Parepare, Imran Y. Said. Kegiatan – kegiatan yang dilakukan dalam program tersebut diantaranya morning meeting dimana setiap residen saling berbagi dalam hal perasaan maupun hal-hal penting lainnya serta pemberian materi-materi terkait pembentukan tingkah laku, pengendalian emosi dan psikologi, pengembangan pemikiran dan kerohanian, serta keterampilan kerja dan keterampilan sosial.

Comments are closed.