Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pastikan Target Kinerja Semester I Tahun 2019 Tercapai 100%

12
254

Sumsel, NAWACITA – Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Kemenkumham Semester I Tahun 2019 memasuki hari kedua. Masih berlangsung di tempat yang sama yaitu di Golden Ballroom The Hotel Sultan Jakarta. Sebelum mengikuti rangkaian kegiatan Rakor, para peserta diwajibkan melakukan registrasi kembali dengan melakukan absensi finger print yang sudah disiapkan oleh panitia di depan ruangan Ballroom.

Setelah melakukan registrasi, para peserta memasuki ruangan untuk mengikuti self assasment sebagai kegiatan pertama. Mereka diberikan waktu 60 menit untuk menjawab petanyaan online yang ditampilkan di setiap masing-masing layar laptop para peserta.

Kemudian dilanjutkan dengan Evaluasi Capaian Kinerja Semester I Tahun 2019 dan jobfit oleh Tim Evaluator dan Panitia Seleksi (Pansel). Tim evaluator terdiri dari Pimpinan Tinggi Madya, staf ahli Menteri dan staf khusus Menteri, Sekretaris unit utama, dan Pansel eksternal.

Pada tahapan pelaksanaan evaluasi capaian kinerja, para peserta dibagi menjadi 5 (lima) kelompok berbeda dengan ruangan yang juga berbeda. Setiap kelompok terdiri dari Kakanwil, Kadivmin, Kadiv Yankum, Kadiv Pemasyarakatan, Kadiv Keimigrasian yang berasal dari berbagai wilayah.

Materi evaluasi meliputi : capaian target kinerja semester I Tahun 2019, pelaksanaan dan pengendalian akuntabilitas kinerja dan akuntabilitas anggaran, pelaksanaan dan pengendalian Reformasi Birokrasi, serta pelaksanaan dan pengendalian program dukungan manajemen Kepala Kantor Wilayah dan masing-masing Divisi.

Pelaksanaan evaluasi dibagi menjadi 2 shift. Shif pertama di mulai dari pukul 08.00 s.d 14.00 WIB, sementara shif kedua dimulai dari pukul 14.00 s.d 22.00 WIB. Kanwil Kemenkumham Sumsel mendapatkan jadwal pada shift kedua sekitar pukul 15.30 WIB.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Sudirman D. Hury  mengutarakan bahwa Rangkaian acara Rakor merupakan suatu kegiatan yang maha penting. Beberapa agenda penting dalam rangkaian Rakor seperti Self Assesment, Evaluasi Kinerja dan Capaian Kinerja, dan pelaksanaan Merit system.

“Ini suatu kegiatan yang maha penting. Ada banyak agenda yang harus diikuti oleh para peserta dan semua itu sangat bermakna. Tentunya Kanwil Kemenkumham Sumsel siap mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara,” ujar Sudirman dalam keterangannya ketika diwawancarai tim humas Kanwil Sumsel mengenai kesiapannya dalam mengikuti rangkaian kegiatan Rakor hari kedua.

Menurutnya self assesment merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan dan kecerdasan peserta. Dalam pernyataannya ia juga mengungkapkan bahwa self assesment sebaiknya tidak hanya dilakukan kepada para pimpinan tinggi di unit pusat dan pimpinan tinggi Kantor Wilayah saja, melainkan juga sebaiknya dilakukan kepada setiap pegawai.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik. Tidak ada jawaban yang benar atau salah atas pertanyaan yang diajukan. Semuanya tergantung dari penilaian ataupun konsep masing-masing peserta secara pribadi. sejauh mana kemampuan dan sudut pandang seseorang saat melakukan manajemen pekerjaan dalam waktu yang tepat,” ungkapnya ketika ditemui diselah waktu usai mengikuti self assesment.

Sementara itu pada kegiatan evaluasi kinerja, dalam paparannya di hadapan para Tim Evaluator Sudirman menyampaikan capaian target kinerja Kemenkumham Sumsel di Semester 1 Tahun 2019. “Semua target kinerja telah diselesaikan dengan baik dan tercapai. Sudah mencapai 100%, untuk target B06” terangnya.

Rangkaian acara masih berlangsung hingga malam hari. Pada sesi terakhir kegiatan dilakukan pengisian aplikasi merit system. Salah satu hal yang penting dalam menciptakan pemerintahan yang efektif adalah memilih aparatur berdasarkan sistem merit.

Menurut Sudirman merit System dalam suatu promosi/mutasi di lingkungan pemerintah merupakan kebijakan dan manajemen SDM aparatur negara yang sangat tepat diera saat ini. “Hal tersebut tentu dapat mendorong dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan efektif serta membuka kesemptan bagi siapa saja tanpa ada perbedaan dan tentunya seadil-adilnya. Bagi yang memiliki kemampuan, integritas moral yang tinggi, tangguh dan memiliki karakter mau bekerja keras, maka ia memiliki kesempatan untuk bisa menjadi pemenang,” terangnya.

Merit system dilaksanakan berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, ataupun kondisi kecacatan.

Pada saat yang sama, Kepala Divisi Administrasi  (Indra Gunawan Begab), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Giri Purbadi), Kepala Divisi Keimigrasian (Hendro Tri Prasetyo), Kepala Divisi Yankum (Bambang Setyabudi) juga mengikuti rangkaian acara Rakor hari kedua sampai dengan selesai.

Comments are closed.