Internalisasi SOP Administrasi Pemerintahan Intelijen Keimigrasian

0
115

Samarinda, NAWACITA – Bertempat di Aula Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim mengadakan kegiatan Internalisasi Standar Operasional Prosedur (S.O.P) Administrasi Pemerintah Intelijen Keimigrasian di Lingkungan Kemenkumham Kaltim.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim, Kepala Divisi Administrasi, Para Pejabat Struktural Kanwil, Para Kepala UPT Imigrasi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara serta Narasumber dari Direktorat Jenderal Imigrasi. Mengawali kegiatan, Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Yudi Kurniadi menyampaikan kata sambutan dan membuka jalannya kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Yudi Kurniadi memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut penyusunan SOP Prosedur Administrasi Intelijen Keimigrasian, yang dipandang perlu untuk dilaksanakan kegiatan Pendampingan Implementasi Peraturan di bidang Intelijen Keimigrasian di Kanwil Kemenkumham Kaltim, sebagaimana tersebut pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 30 Tahun 2016 tanggal 29 Agustus 2016 tentang Intelijen Keimigrasian, Yudi Kurniadi menambahkan juga dalam sambutannya, bahwa Wasdakim berbeda dengan Intelijen dalam hal output nya, output dari Intelijen adalah Informasi, sedangkan Wasdakim output nya adalah penindakan. Intinya, Intelijen memiliki 3 tugas, yaitu Mengawali, Menyertai dan Mengayomi. Sebelum menutup sambutannya, Yudi Kurniadi mengharapkan semua petugas Imigrasi mengemban fungsi Intelijen.

Setelah pembukaan Kegiatan Internalisasi tersebut, dilanjutkan dengan foto bersama dan pemaparan oleh narasumber Ditjen Imigrasi mengenai Kepegawaian, Intelijen dan SOP Administrasi Intelijen Keimigrasian.