Penghuni Rutan Pandeglang Diajarkan Budidaya Tanaman Hydrophonik

0
289

Pandeglang, NAWACITA – Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pandeglang tengah disibukkan dengan budidaya sayuran dengan media air atau disebut juga dengan Hydrophonik. Sayuran yang dibudidaya dengan cara modern ini adalah kangkung dan sawi hijau.

Staf Bimbingan Kerja (Bimker) Rutan Pandeglang, Eka Aditya Permana mengatakan bahwa sebelumnya sudah dua kali panen sayuran kangkung dengan metode Aquaphonik yang diajarkan kepada warga binaan.

“Untuk meningkatkan pembinaan  kemandirian WBP, kita akan terus mengembangkan teknik bercocok tanam yg efektif, terutama di rutan pandeglang yang tidak memiliki lahan yang cukup luas” ujar Eka, Jumat, (21/6) lalu.

Eka menambahkan selain sayuran, ikan lele juga tengah dibudidayakan pada cara yang tidak biasa yakni didalam ember atau mereka menyebutnya budi daya ikan dalam ember (budikdamber).

Adapun teknik-teknik Budidaya nonkonvensional ini ia mengaku hanya autodidak dengan belajar dari buku, internet dan youtube.

“Karena kita belum bisa mendatangkan ahli dalam bidang ini, tapi kita ajarkan ke WPB dengan mangambil informasi dari buku dan internet, dan saat ini kita masih proses penyemaian benih, mudah2an berhasil dan dapat memetik panen” pungkas Eka.