Sidikalang, NAWACITA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Dewa Putu Gede didampingi oleh Kepala Divisi Imigrasi, Icon Siregar melakukan sidak ke Rumah Tahanan Sidikalang, Selasa (18/06).

Dalam sidaknya, Kakanwil memberikan Catatan khusus yang harus dilaksanakan oleh seluruh pegawai terkait kejadian yang terjadi akhir-akhir ini di Divisi Pemasyarakatan yaitu Memastikan tidak ada masuknya narkoba dalam bentuk apapun ke dalam Rutan dan pastikan tidak ada pegawai yang terlibat; Memperkuat deteksi dini terhadap gangguan keamanan; Pastikan lakukan penguatan steril area terutama daerah P2U sehingga tidak terjadi penyerangan terhadap petugas; Pastikan penggeledahan di dalam Rutan dilakukan bergantian untuk menghindari terjadi penyerangan.

Kemudian, Pastikan seluruh petugas mengamankan senjata api ke tempat yang aman untuk menghindari penyerobotan oleh WBP; Pastikan hubungan antara pegawai dan WBP tidak larut; Pastikan pegawai wanita ketika masuk ke area WBP pria dikawal oleh petugas pria dan petugas pria tidak boleh ke area WBP wanita kecuali untuk dengan alasan tertentu; Pastikan tidak ada pungli; Pastikan di dalam blok hunian tidak terdapat benda-benda yang dapat digunakan untuk menyerang Petugas.

Kakanwil juga mengingatkan masalah kebersihan lingkungan kantor dan kelengkapan atribut pegawai. Selesai memberi arahan Kakanwil mengunjungi dapur dan menemukan penyediaan BAMA (Bahan Makanan) yang tidak sesuai dengan kontrak, untuk kedepannya agar tidak diterima dan dikembalikan.

Disaat Kakanwil memberikan pengarahan di aula, Kadiv Imigrasi, Icon Siregar juga memberikan penguatan Iman terhadap WBP Rutan Sidikalang di Gereja Hosanna Rutan Sidikalang. Dalam penguatannya Icon Siregar memberikan Firman Tuhan bagaikan Rasul Paulus didalam penjara tetap setia kepada Tuhan dan tetap memberitakan Firman Tuhan. Ajaran tersebut disampaikan untuk WBP khususnya yang ikut dalam Kebaktian agar tetap tekun dalam pengharapan dan berdoa untuk diri sendiri, keluarga dan Rutan Sidikalang.

Baca juga :  Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Bersama Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat Berikan Penyuluhan Hukum Kepada 20 Warga Binaan

Comments are closed.