Kakanwil Kemenkumham Kepri Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja Anggaran Semester I 2019

3
154

Tanjungpinang, NAWACITA – Bertempat di ball room Hotel Comfort Tanjungpinang, Kanwil Kemenkumham Kepri menyelenggarakan kegiatan Rapat Evaluasi Kinerja Anggaran Semester I Tahun Anggaran 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Tinggi Pratama serta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian dan Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepri. Pelaksanaan kegiatan rapat dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Kepri Zaeroji, bertindak sebagai moderator adalah Kepala Divisi Administrasi Ajar Anggono.

Dalam kesempatan pertama Ajar anggono menyampaikan bahwa substansinya rapat ini dilaksanakan untuk menganalisis dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada semester pertama, walau kegiatan semester belum berakhir namun perbaikan dan evaluasi perlu kita lakukan karena semester pertama akan segera berakhir, ujarnya mengawali sesi pembuka pada rapat tersebut. Seluruh Kepala UPT memiliki kewajiban memberikan laporan terkait kegiatan target kinerja B06.

Selanjutnya Ajar anggono menjelaskan tentang mekanisme teknis rapat, yang dimulai dari arahan umum kakanwil dilanjutkan dengan paparan para seluruh kepala divisi, dan sesi terakhir diskusi, tanya jawab dan penyampaian masalah yang di hadapi oleh setiap UPT.

Acara utama dimulai dengan pengarahan umum dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Zaeroji. Mengawali pemaparannya Kakanwil menyampaikan bahwa tujuan utama dari diselenggarakannya Rapat Evaluasi Kinerja Anggaran Semester I Tahun Anggaran 2019 ini adalah mengevaluasi pelaksanaan kinerja semester I tahun 2019 dan mengambil langkah-langkah strategis dan tepat sasaran serta memberikan solusi baik yang bersifat teknis maupun administratif apabila terdapat kendala di satker-satker.

Dalam pelaksanaan anggaran harus diperhatikan pula 12 indikator pelaksanaan anggaran, tidak hanya realisasi anggaran yang mencapai target namun penilaian IKPAnya harus sesuai target yang telah di canangkan yaitu 99,90 %. Dengan demikian satker-satker yang masih belum dapat mencapai target dapat melakukan perbaikan-perbaikan dan langkah-langkah kongkrit untuk perbaikan.

Di sisi lain Kakanwil menyebutkan bahwa penyerapan anggaran secara keseluruhan sampai tanggal 12 Juni 2019 telah mencapai 43,01% dari 48,09 %, diharapkan dengan sisa waktu yang masih ada sampai dengan akhir juni dapat mencapai target yang telah ditentukan, ujarnya menutup paparan.

Selanjutnya dalam rapat tersebut para Kepala Divisi diberikan kesempatan untuk mamaparkan laporan kinerja anggaran masing-masing divisi yang merupakan rincian dari arahan umum yang telah disampaikan oleh kakanwil. Di penghujung rapat para Kepala UPT dan Jajaran Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Kepri melakukan diskusi melalui tanya jawab untuk mencari solusi dari permasalahan serta kendala-kendala yang dihadapi oleh UPT terkait Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan Laporan Target Kinerja B06.

Comments are closed.