Deteksi Dini Petakan Potensi Gangguan Kamtib di Lapas Tual

1
220

Maluku, NAWACITA – Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan deteksi dini potensi gangguan kamtib di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tual, Rabu (13/6). Sidak dilakukan menyikapi kejadian gangguan kamtib di beberapa Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan belakangan ini.

Tim Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Maluku beranggotakan 10 personel yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Keamanan, Lissa Ch Kiessya. “Kami gunakan instumen deteksi dini yang ada sehingga dapat mengetahui potensi gangguan kamtib di sini. Apakah masuk kategori merah, kuning, atau hijau,” terangnya.

Sidak yang dilakukan di blok dan kamar penghuni itu lebih diprioritaskan kepada pemenuhan hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan meliputi kenyamanan kamar, pemenuhan bahan makanan, ketersedian air bersih, dan hak-hak lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Tim Satgas Kamtib juga mengumpulkan data informasi pada setiap elemen penilaian, yaitu registrasi dan klasifikasi, perawatan, pembinaan narapidana dan pelayanan tahanan, serta kamtib dimana dari data tersebut nantinya akan dianalisa dan direkomendasikan kepada pimpinan di wilayah untuk menentukan rencana tindak lanjut.

Menyikapi hal tersebut, Pelaksana Harian Kepala Lapas (Kalapas) Tual, Tual Christy Thenu, berjanji jajaranya akan menyampaikan setiap masukan Tim Satgas Kamtib kepada Kalapas dan siap melakukan pembenahan sesuai rekomendasi. “Kami sangat mengapreisasi kegiatan ini dan kedepannya akan kami benahi hal-hal yang belum berjalan maksimal. Tentunya dengan berkoordinasi dengan Kalapas,” janjinya.

Comments are closed.