Kakanwil Kemenkumham Maluku Melakukan Kunjungan ke Lapas Ambon

0
49
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Andi Nurka

Ambon, NAWACITA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ambon untuk membahas renovasi gedung lama dan pembangunan gedung baru Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Ambon.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Lapas Ambon, La Samsudin dan Kepala LPP Ambon, Catherian V. Picaully. Kegiatan dimulai dengan melihat langsung lokasi dari gedung lama LPP Ambon dan membicarakan terkait renovasi yang dicanangkan.

Perlu diketahui, LPP Ambon saat ini masih berlokasi di dalam Lapas Klas IIA Ambon, dan pembangunan gedung baru juga tetap berada di dalam Lapas Ambon. Ruang kerja kepegawaian yang digunakan oleh LPP Ambon saat ini akan dijadikan sebagai dapur bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kemudian setelah dilakukan perluasan tanah di dalam Lapas Klas IIA Ambon, akan dibangun gedung baru bertingkat bagi LPP Ambon. Direncanakan juga pembangunan pintu darurat di Lapas Ambon guna memenuhi standar keamanan di Lapas.

Rencana pembangunan akan berlangsung dalam waktu dekat, setelah ditemukan perusahaan yang menang tender dalam LPSE. Selama renovasi dan pembangunan berlangsung, seluruh kegiatan kepegawaian di LPP Ambon akan dialihkan sementara ke gedung Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ambon.

Pada kesempatan itu, Andi Nurka berkeliling ke beberapa tempat dimulai dari bengkel kerja Lapas Ambon. Disini, Andi Nurka menyempatkan diri untuk berbincang dengan WBP yang kebetulan sedang bekerja. Tak lupa Andi Nurka memberikan motivasi kepada WBP untuk tetap semangat dan baik-baik di dalam Lapas. “Dengan adanya kegiatan ini, nanti setelah bebas jadi banyak yang bisa dikerjakan,” ungkapnya.

Andi Nurka juga berkunjung ke ruang giat kerja untuk melihat kerajinan yang dikerjakan oleh WBP, berupa rangkaian listrik dan lemari kayu. Dikatakan Andi Nurka bahwa kegiatan seperti ini tentu sangat berguna, terlebih nantinya setelah pensiun bisa menjadi modal untuk mendatangkan penghasilan. Kemudian Andi Nurka menuju ke bengkel Mebel, yang mana bahkan sudah terdapat kursi dan tempat tidur yang layak jual. Pada kesempatan ini kembali Andi Nurka menyempatkan diri untuk berbincang dengan WBP, “Yang kalian kerjakan sudah bagus tapi tetap perhatikan, jangan kerjakan yang terlalu banyak memakan biaya,” tegasnya.

Andi Nurka melanjutkan kunjungannya untuk melihat ruang keamanan dan ketertiban, ruang registrasi, loket pendaftaran LPP Ambon, hingga mushola sebagai tempat akhir kunjungannya.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Divisi Pemasyarakatan, Frans Elias Nico, Kepala Divisi Administrasi, Burhazir Zamda R., serta perwakilan pejabat pengawas dan pejabat administrator di jajaran Lapas Ambon dan LPP Ambon.

(Red: Faig, Sumber: Biro Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here