Narapidana di Lapas Baubau Dapat Remisi, Tiga Orang Langsung Bebas

12
24

Baubau, NAWACITA – Sebanyak 268 Narapidana yang ada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan remisi hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Kepala Lapas Baubau, Wahyu Prasetyo mengungkapkan jumlah warga binaan yang telah mendapat persetujuan perolehan remisi khusus ini sebanyak 268 Narapidana.

“Dari jumlah yang mendapat remisi tersebut, tiga orang diantarannya lansung bebas pada hari Raya Idul Fitri,”ungkap Wahyu Prasetyo, seperti dikutip dari RRI, di Baubau, Senin (3/5/2019).

Ia mengatakan, usulan remisi khusus Idul Fitri tahun 2019 dari Lapas Baubau sebanyak 280 orang. Namun baru 268 napi yang mendapat pesetujuan remisi.

Sedangkan 12 napi lainnya kata Wahyu, masih dalam proses verifikasi data di Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kemenkumham.

“Tapi kami yakin ke-12 napi ini akan mendapat persetujuan remisi, karena mereka telah memenuhi syarat. Mungkin hari ini atau besok sudah keluar persetujuannya,” terang Wahyu.

Wahyu merincikan 280 napi yang dipastikan mendapat remisi khusus itu terdiri dari 267 Napi mendapat remisi khusus 1 (RK 1) dengan potongan masa tahanan mulai dari 15 hari sampai 2 bulan.

Kemudian, ada tiga orang napi mendapat remisi khusus dua (RK 2) dan lansung dinyatakan bebas.

Selanjutnya kata Wahyu, remisi kasus khusus sebanyak 10 orang, dengan potongan masa tahanan mulai dari 15 hari sampai satu bulan.

“Remisi kasus khusus ini adalah hanya untuk Napi seperti kasus Narkoba, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 99 tahun 2012,” pungkasnya.