KPK Eksekusi Analisman Zalukhu Terpidana Suap DPRD Sumut ke Lapas Tanjung Gusta

12
1834
Jakarta, NAWACITA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan anggota DPRD Sumatera Utara Analisman Zalukhu ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Kamis (9/5/2019).
“Hari ini telah dilakukan Eksekusi terhadap terpidana Analisman Zalukhu, Anggota DPRD Sumut dari Rutan cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur ke Lapas Tanjung Gusta,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (9/5/2019).
Dia mengatakan eksekusi dilakukan usai putusan terhadap Analisman Zalukhu sudah berkekuatan hukum tetap. Dia divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.
Analisman Zalukhu juga dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp 400 juta yang pabila uang pengganti itu tidak dibayar dalam kurun waktu tertentu maka diganti 6 bulan kurungan.
Majelis hakim juga mencabut hak politiknya. Pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik diminta berlaku selama tiga tahun setelah mereka selesai menjalani pidana pokok.
Dia dinyatakan terbukti menerima uang ‘ketuk palu’ dari eks Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho untuk mengesahkan APBD Pemprov Sumut tahun anggaran 2012 hingga 2015.
Hakim juga menyatakan Analisman Zalukhu terbukti menerima uang untuk menolak usulan hak interpelasi dugaan adanya pelanggaran terhadap Permendagri terkait evaluasi Ranperda Pemprov Sumut tentang APBD dan Rancangan Peraturan Gubernur tentang penjabaran RAPBD tahun 2014.

 

 

(Red : Askur, Sumber : Kompas)

12 KOMENTAR

  1. Hal tersebut apa terbatas. Mungkin dibalik kenyataan ada fakta. Mungkin dalam hal itu ada rasa kebersamaan yang dikonfirmasi lebih lanjut.

Comments are closed.