Pemerintah Berikan Remisi Kepada 102.976 narapidana Di Hut RI ke 73

16
179
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly

Jakarta, NAWACITA – Sebanyak 102.976 narapidana mendapatkan reward dari pemerintah dalam memperingati 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8)

Para warga binaan yang sedang menjalani masa pidananya ini dianugerahi Remisi Umum (RU) atau pemotongan masa pidana sebanyak 1-3 bulan dan 2.220 di antaranya langsung menghirup udara kebebasan.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, menerangkan remisi merupakan salah satu sarana hukum yang sangat penting dalam wujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan, yakni sebagai stimulus bagi narapidana untuk senantiasa menjaga perilaku dan berubah menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

“Ini sebagai stimulus dari warga binaan yang mau berubah selama di lapas, tutur Menteri Yasonna dalam rilis yang diterima Nawacitapost.com, Kamis (16/8).

Dikatakanya, Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan prilaku sehari-hari narapidana.

“Jika mereka tidak berprilaku baik, maka hak remisi tidak akan diberikan, “ujar Menteri Yasonna.

Adapun tolok ukur pemberian remisi menurut Yasonna tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, akan tetapi didasarakan pada perilaku mereka selama menjalani masa pidana di Lapas.

Ditahun ini, dari 102.976 narapidana yang dapat Remisi, sebanyak 2.200 langsung bebas, sedangkan 100.776 narapidana menjalani sisa pidananya.

 

(Red: Faiz, sumber Rilis Kemenkumham)

Comments are closed.