Hilangkan Berkas Pendaftar, Tim Seleksi Formatur KPU Nias Selatan Terancam Dipidanakan

2
1378
Eksodi Dakhi Pendaftar yang dicurangi Tim Seleksi Formatur KPU Nias Selatan

Jakarta, NAWACITA– Tim Seleksi Pendaftaran Calon anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan diduga melakukan tindak pidana dengan menghilangkan berkas peserta.

Pengumuman kelolosan administrasi terhadap 40 orang peserta dari 100 lebih pendaftar diwarnai kecurangan.

Salah satu peserta yang dirugikan dari kecurangan tersebut yaitu Eksodi Dakhi yang dinilai tim seleksi tidak memenuhi syarat (TMS) karena berkas yang dilampirkan tidak lengkap.

Dalam keteranganya Kepada Nawacitapost.com, Miggu (05/8). Eksodi Dakhi mengungkapkan bahwa tim seleksi pemilihan formatur anggota KPU Kabupaten Selatan telah merugikan dirinya dan peserta lain yang tidak lolos.

“Saat pendaftaran lampiran saya dinyatakan lengkap dan dicap stempel oleh panitia. Kok tiba-tiba saat pengumuman saya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), tuturnya.

Inilah kesalahan fatal yang dilakukan panitia seleksi terhadap para peserta yang tidak lolos pada tahapan pertama yaitu administrasi yang diketuai oleh Toni Situmorang dan Sekretaris Agerifa Dachi.

Atas tindakan ini maka tim seleksi saya laporkan kepada pihak-pihak terkait untuk dilakukan proses hukum agar demokrasi ini tidak dihancurkan oleh para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab terhadap proses seleksi ini.

“Saya telah mengumpulkan barang bukti agar diproses secara hukum. Ini bukan masalah kalah menang namun integritas para tim seleksi ini telah menodai demokrasi, jelasnya.

(Red: Hulu)

Comments are closed.