Siapkan SOP Baru, SesditjenPAS Minta Jaga Kewibawan Lapas Nusakambangan

3
218
Keterangan: Liberti Sitinjak SesditjenPAS Kemenkumham dalam kunjungan kerja di Lapas Nusakambangan

Cilacap, NAWACITA- Pulau Nusakambangan yang merupakan salah satu lapas dengan kategori penghuni narapidana kategori khusus dijaga oleh petugas lapas yang memiliki jiwa besar. Mereka mengemban tugas dengan tanggung jawab besar.

 

Ini diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (SesditjenPAS), Liberti Sitinjak saat melakukan kunjungan kerja beserta jajaran. Liberti sebelum menjadi SesditjenPAS pernah bertugas sebagai kepala di Lapas Nusakambangan.

 

“Petugas Pemasyarakatan Nusakambangan harus berbangga, mengemban tugas yang tidak biasa. Ini pekerjaan khusus di tempat khusus dengan standar operasional prosedur (SOP) yang harus khusus pula,” ungkapnya, saat bertemu dengan segenap jajaran petugas Pemasyarakatan se-Nusakambangan, Selasa (10/7).

 

Sebagai mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu Nusakambanga, Sitinjak mengajak para petugas untuk mengembalikan kewibawaan Pulau Nusakambangan sebagai pulau khusus Pemasyarakatan dengan selalu menjunjung tinggi integritas dan bersikap profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan.

 

“Kuncinya, integritas. Jaga integritas dan profesional dalam bekerja untuk menjaga kewibawaan Pulau tempat kita bekerja,” ucapnya.

 

Menurutnya, kekhususan dan kesakralan pulau Nusakambangan patut terus dijaga, mengingat akan segera bertambahnya Lapas khusus (Lapas High Risk Karanganyar) di dalam pulau Nusakambangan.

“Segera akan disiapkan regulasi terbaru khusus untuk pulau Nusakambangan yang akan memudahkan petugas menjalankan SOP secara benar,” ujarnya.

 

Ia meyakini bahawa dengan menjunjung tinggi integritas dan menjalankan SOP secara benar adalah kunci keberhasilan pengamanan yang harus tetap diberlakukan.

 

Lebih lanjut, Sitinjak juga menerangkan bahwa petugas di Pulau Nusakambangan nantinya akan diberikan intensif khusus yang lebih baik dibanding dengan petugas Pemasyarakatan lain, dikarenakan status kekhususan pulau dan SOP yang dijalankan.

“Berdasarkan regulasi, maka nantinya akan disiapkan tunjangan ataupun intensif khusus kepada petugas yang bekerja di Pulau Nusakambangan mengingat perbedaan beban kerja yang diemban sebagai petugas Pemasyarakatan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Heni Yuwono menyatakan jajaran Pemasyarakatan se-Nusakambangan siap dukung dan laksanakan program prioritas serta regulasi yang disusun oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) khususnya untuk pulau Nusakambangan.

 

Ia juga menyerukan agar setiap petugas Pemasyarakatan untuk bekerja keras menjadikan Pemasyarakatan semakin hebat dengan menanamkan integritas dan kedisiplinan untuk menjaga marwah pulau Nusakambangan sebagai pulau khusus Pemasyarakatan yang steril dari gangguan keamanan.

 

 

 

 

 

 

(Red: Faiz, sumber Kemenkumham)

Comments are closed.