Oknum Petugas Pajak Bikin Resah? Adukan Saja ke Layanan Ini

8
162
Foto: Net

Nawacitapost.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menjamin kebijakan akses informasi keuangan untuk rekening di atas Rp. 1 miliar akan dijaga kerahasiaannya. Bahkan ia mengingatkan bahwa yang wajib melaporkan rekening adalah bank, bukan nasabahnya.

“Masyarakat sebaiknya tetap tenang dan tidak perlu resah dengan kewajiban bank melaporkan rekening nasabah dengan saldo minimal Rp 1 miliar ke Direktorat Jenderal Pajak,” kata Sri di Jakarta, beberapa saat lalu.

Namun bila ada petugas pajak yang mempergunakan data nasabah itu untuk kepentingan lain, Sri meminta masyarakat untuk mengadukannya ke layanan resmi yang telah disediakan.

“Kalau ada petugas pajak yang coba menakuti-nakuti atau melakukan hal mengancam, menekan-nekan, atau menggunakan data pajak untuk tujuan lain, kami telah sediakan layanan pengaduan,” ujarnya.

Dia memastikan petugas pajak yang membocorkan dana nasabah akan dipidanakan sesuai Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

“Yang masih khawatir dan takut, boleh bertanya. Atau yang merasa diancam, silakan. Saya yakin perbaikan Kemenkeu hanya bisa dilakukan apabila kami terbuka,” kata Sri Mulyani.

Layanan pengaduan itu yakni telepon Kring Pajak dengan nomer 1500 200, faks: (021) 5251245, email: pengaduan@pajak.go.id dan melalui situs whistleblowing system Kementerian Keuangan: https://www.wise.kemenkeu.go.id.

Atau melalui surat ke alamat Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Gedung Mar’ie Muhammad Lantai 16, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jalan Gatot Subroto, Kavling 40-42, Jakarta 12190. (jar)

 

 

Comments are closed.