RUU Anti Teroris Belum Rampung Karena Ada yang Belum Sepakat soal Peran TNI

1
113
Menkumham Yasonna H. Laoly / Foto: Istimewa

Nawacitapost.com – Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly mengakui belum rampungnya RUU Antiterorisme karena RUU tersebut berisi sejumlah isu kontroversial, salah satunya soal pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme.

“Isu itu (pelibatan TNI) belum disepakati semua pihak hingga kini,” ujar Yasonna di gedung DPR, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pembahasan RUU Antiterorisme sebenarnya sudah hampir final kemarin, tapi di kalangan internal masih ada yang belum sepakat. Namun bagi dirinya, soal bagaimana peran TNI nanti, yang terpenting adalah prinsip penegakan hukum.

“Nanti kita lihat lagi (setuju atau tidak). Saya sudah pernah bicara dengan Panglima dan Kapolri, ada prinsipnya. Tetapi dalam undang-undang terorisme, prinsipnya adalah penegakan hukum, itu prinsip,” tutur Yasonna.

Yasonna mengaku sudah berulang kali mendesak DPR guna mempercepat RUU Antiterorisme. “Ini kita harapkan bisa merupakan upaya antisipasi supaya kejadian seperti kemarin tidak terjadi. Kan pengawasan instansional. Kalau ada polisi yang melakukan kewenangan tidak dalam koridor hukum kan ada pengawasan. Jadi jangan karena ketakutan sesuatu langsung mengatakan ‘jangan’. Pengawasan itu sangat penting,” tutur Yasonna. (fajar)

 

 

Comments are closed.