Sandiaga Uno Diperiksa Soal Dugaan Korupsi PT DGI

1
252
Cawapres nomor 2, Sandiaga Uno .(Foto: Viva)

Nawacitapost.com – Sandiaga Uno diperiksa KPK dalam dua kasus korupsi yang melibatkan PT Duta Graha Indah (DGI). Wakil gubernur DKI Jakarta terpilih itu pernah menjadi komisaris perusahaan tersebut.

“Ada pemeriksaan kasus Nazar dan Grup Permai yaitu wisma atlet di Palembang dan Rumah Sakit Universitas Udayana, diperiksa Sandiaga Uno sebagai komisaris (PT DGI). Untuk mendalami pengetahuan saksi sejauh mana terkait proyek-proyek PT DGI,” kata Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah, di Jakarta, beberapa saat lalu.

Dalam kasus ini, KPK me­nyelidiki keterkaitan Sandiaga dengan Muhammad Nazaruddin dan Permai Grup sehingga PT DGI bisa mendapatkan sejumlah proyek konstruksi.

“Ada keterangan yang per­lu diklarifikasi kepada saksi (Sandiaga),” ujar Febri .

“Terkait Grup Permai memang PT DGI mengerjakan beberapa proyeknya dan ada indikasi korupsi di sana. Ada sekitar 70 saksi dan indikasi kerugian negaranya Rp 50 miliar,” ung­kap Febri.

Ketika bersaksi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Muhammad Nazaruddin mengaku pernah berkongsi dengan PT DGI. Ia pun menye­but PT DGI mendapat proyek konstruksi atas kerja sama dengan Permai Grup.

Sebagai imbalannya, PT DGI menyerahkan fee kepada Nazar. Untuk proyek wisma atlet, PT DGI memberikan fee 13 persen atau Rp 4,675 miliar kepada Nazar.

Usai menjalani pemeriksaan kemarin, Sandiaga mem­bantah kenal dengan Nazaruddin. “Saya tidak berkomunikasi den­gan beliau,” elaknya.

Disinggung mengenai pengakuan Nazar soal permintaan fee Rp 100 miliar proyek, Sandiaga juga membantah. “Itu hoax. Saya sama sekali tidak terli­bat, sama sekali tidak terlibat,” ujarnya coba meyakinkan. (fajar)

Comments are closed.