Tiga Hal Ini Jadi Penyebab Maraknya Barang Bajakan

1
274
Foto: Net

Nawacitapost.com – Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ari Juliano, mengatakan ada 3 masalah utama penyebab maraknya pembajakan, yaitu masalah harga, distribusi yang tidak merata dan kecanduan masyarakat.

“PR besarnya terdapat pada kecanduan masyarakat dan untuk menguranginya memang perlu waktu lama,” kata Deputi Fasilitas Hak Kekayaan Intelektul Regulasi Ari Juliano, usai acara kampanye Stop Pembajakan di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (23/4/2017) pagi.

Menurut Ari, masyarakat Indonesia sudah kecanduan produk-produk bajakan. Oleh sebab itu, dirinya mewakili Bekraf mengajak masyarakat untuk menghargai karya orang lain dengan memakai karya orisinal dimulai dari diri sendiri.

Ari menuturkan bahwa Bekraf saat ini sedang mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk mencari kanal-kanal bisnis baru. Menurutnya, hal tersebut dapat mengatasi masalah harga dan distribusi.

“Masalah harga kita bisa tanggulangi dengan produk digital yang lebih murah dari pada fisik. Distribusi juga bisa lebih mudah dengan streaming atau lewat jalur-jalur internet,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Bekraf bekerjasama dengan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM melakukan kampanye Stop Pembajakan pada peringatan hari bebas kendaraan bermotor (CFD) di depan Menara BCA jalan MH Thamrin, Jakarta. Kampanye tersebut sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kekayaan Intelektual sedunia ke-17 pada 26 April mendatang.

“Bekraf sangat mendukung kampanye ini. Karena inti dari Bekraf kan Haki (Hak Kekayaan Intelektual). Tanpa Haki nggak mungkin ada ekonomi kreatif karena itu perlindungan dan pemberdayaan sangat penting kita galang bersama,” jelasnya. (hadi)

Comments are closed.